Mencari Pengganti Blatter

ZURICH – Hanya beberapa saat setelah pengunduran diri Sepp Blatter, spekulasi perihal siapa sosok yang pas untuk menggantikan posisinya sebagai Presiden FIFA langsung mencuat. Sejumlah kandidat pun kembali bermunculan, mulai Michel Platini, Pangeran Ali dari Yordania, hingga legenda sepak bola Portugal Luis Figo.

sepp-blatter
LEMPAR HANDUK: Setelah beberapa petingginya yang ditangkap oleh kepolisian, kini Josep “Sepp” Blatter akhirnya mengundurkan diri dari kursi Presiden Fifa. Padahal, lima hari lalu dia kembali menjabat untuk kali kelima.

Blatter resmi mengundurkan diri kemarin malam waktu Zurich atau hanya empat hari setelah dirinya kembali terpilih sebagai Presiden FIFA periode 2015-2019. Keputusan itu mengakhiri era kepemimpinan Blatter dalam tubuh FIFA yang sudah berlangsung selama 17 tahun. ”Saya akan melanjutkan fungsi saya sebagai Presiden FIFA hingga pemilihan baru dalam Kongres Luar Biasa FIFA,” kata Blatter dalam laman resmi FIFA.

Keputusan itu langsung memantik spekulasi perihal siapa yang akan maju sebagai kandidat dalam pemilihan berikutnya. Platini dan Pangeran Ali disebut akan bersaing ketat dalam pemilihan presiden nanti. Pangeran Ali Bin Al Husain adalah penantang Blatter dalam pemilihan presiden yang berlangsung pekan lalu dan berhasil meraih 73 suara pada putaran pertama pemilihan, namun memilih mundur setelah Blatter meraih 133 suara.

Meski tak lagi menjabat sebagai wakil presiden FIFA, Pangeran Ali masih punya jabatan dalam Federasi Sepak Bola Asia Barat yang membuatnya memenuhi syarat untuk kembali bertarung di pemilihan berikutnya. Dalam pernyataan terbarunya, dia bahkan secara terbuka menegaskan siap untuk kembali mencalonkan diri sebagai kandidat Presiden FIFA.

”Keputusan mundur Blatter adalah langkah tepat dan sekarang kita harus menatap masa depan. Saya selalu ada untuk mengabdi kepada sepak bola, itu adalah hal paling penting, juga untuk bekerja keras membenahi organisasi ini (FIFA) dengan cara yang benar,” ungkap Pangeran Ali.

Meski jadi kandidat terkuat, tapi Pangeran Ali tidak sendirian. Dia diperkirakan akan bersaing ketat dengan Presiden UEFA, Michel Platini. Di masa lalu, Platini memang sempat mengutarakan tak berniat maju sebagai kandidat Presiden FIFA. Namun sejumlah pengamat menilai pernyataan itu hanya alasan karena Platini tak berani bersaing dengan Blatter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan