Mantapkan Venue PON 2016

Rp 73 Miliar untuk Area Kabupaten Bandung

SOREANG –Pemprov Jabar menyiapkan anggaran sebesar Rp 73 Miliar untuk mendorong rampungnya venue Pekan olahraga Nasional (PON) 2016 di Kabupaten Bandung. Di Kabupaten Bandung sendiri, akan dibangun lima venue yang akan digunakan untuk even olahraga lima tahunan ini.

Anggota Komisi IV DRPD Jabar Nia Purnakania mengatakan, selain mengerjakan sejumlah persiapan PON oleh Pemprov Jabar, pihaknya juga memberikan bantuan keuangan kepada kabupaten/kota yang menjadi penyelenggara PON tersebut seperti Kabupaten Bandung.

”Makanya kami dari komisi IV memonitoring ketiap daerah supaya PON 2016 selesai sesuai rencana. Terutama untuk venue-venue PON,” katanya saat peninjauan persiapan venue PON, kemarin (17/2).

Menurut Nia, total anggaran tersebut dicairkan dalam dua termin. Termin pertama pada tahun 2014 sebesar Rp 33 Miliar, sedangkan untuk tahun ini sebesar RP 40 miliar.

Anggaran tersebut, lanjut Nia, nantinya untuk pembangunan venue indoor maupun outdoor. ”Namun untuk Situ Cileunca tidak jadi dibangun hingga dari Rp 33 miliar pada termin pertama dikurangi RP 4 miliar,” katanya.

Bupati Bandung, Dadang M Nasher optimistis, pembangunan venue PON di Kabupaten Bandung akan selesai dengan tepat waktu. Sebab untuk pembangunan venue, sebagian sudah ada dan tinggal renovasi. Sedangkan beberapa venue lagi dibangun baru.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung Akhmad Johara menuturkan, kelima venue untuk PON Jabar yang sedang diselesaikan yakni panahan, sofball, sepak bola, hoki dan angkat berat. Karena sampai saat ini pembangunan sudah mencapai 70 persen. Pihaknya menjamin pada pelaksanaan PON, venue tersebut bisa digunakan.

”Minimal sebelum PON berlangsung tinggal pengerjaan sedikit-sedikit saja,” jelasnya.

Sudah hampir selesainya venue tersebut, Akhmad mencontohkan untuk panahan. Saat ini untuk kesiapannya tinggal mengerjakan backdrop atau penutup latar belakang objek sasaran tembak.

Begitupun dengan lapangan sepak bola, yaitu Stadion Si Jalak Harupat. Kini sedang dilakukan renovasi beberapa titik.

Selain pengerjaan venue, lanjut Akhmad, saat ini pun pihaknya tengah mengerjakan pembangunan mesjid di Komplek Stadion Si Jalak Harupat. Pembangunan masjid tersebut, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON. (mg15/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan