Mampu Menjadi Suri Tauladan

[tie_list type=”minus”]Karang Taruna Miliki Fungsi Sosial[/tie_list]

GEDEBAGE – Bersamaan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke- 70 tahun, Karang Taruna Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, menggelar ’’Gebyar PIPPK”.

Kegiatan tersebut mengusung tema ’Melalui PIPPK, Pemuda Rancanumpang (Ranum) Rukun Maju Sejahtera (Rumasa) Makin Kreatif, Inovatif, dan Tangguh Demi Mewujudkan Bandung Juara’. Lurah Rancanumpang R. Budi Hermawan, kemarin (5/9) mengatakan, pemuda yang tergabung ke dalam karang taruna, diharap mampu menjadi suri tauladan bagi generasi muda lainnya.

Dirinya menegaskan, kegiatan tersebut bukan untuk hura-hura, melainkan dalam rangka mensukseskan serapan anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kota Bandung melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) sesuai amanat Peraturan Walikota (Perwal) No. 436/2015.

Keterlibatan karang taruna kelurahan, tidak dapat dipisahkan dari keberadaannya sebagai bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) sesuai Perda Kota Bandung No.02/2013.

Sehingga, marwah pemuda di PIPPK, tidak lain untuk berurun rembug dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial, terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungan sekitar. ’’Bersama-sama dengan lurah dan masyarakat lainnya, menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial,” ujar Budi.

Intinya, dalam melaksanakan tugasnya, karang taruna mempunyai fungsi sosial. ’’Mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda, adalah tugas karang taruna,” tandas Budi. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan