LSM Tenkcot Baksos di Cireundeu

[tie_list type=”minus”]Tunjukkan Kepedulian Lingkungan[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Sumpah pemuda ke-87. Namun ada hal berbeda yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tenkcot 237, saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kemarin.

LSM yang bergerak dibidang sosial, pemberdayaan dan seni budaya ini justru menggelar doa bersama bagi korban Longsor TPA Leuwigajah sepuluh tahun lalu. Selain itu, ada juga kegiatan bakti sosial di Kampung Cireundeu RW 10 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

”Kami sengaja mengisi kegiatan Hari Sumpah pemuda kali ini dengan bakti sosial kebersihan di wilayah Kampung Cireundeu Kelurahan Leuawigajah, untuk memotiovasi masyarakat agar peduli pada lingkungan sekitar,” ujar Ketua Umum LSM Tenkcot 237 Cimahi, Yuyuh Widaningrum, kemarin.

Dalam pelaksanaannya, kata Yuyun, kegiatan baksos ini dibantu oleh sekitar 20 orang petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, berbaur dengan 60 orang anggota LSM Tenkcot membersihkan lingkungan sekitar satu kilometer dari mulai jalan masuk Kampung Cireundeu hingga ke Balai Musyawarah kampung Adat Cireundeu. Usai pelaksanaan gerakan kebersihan, seluruh anggota LSM Tenkcot dan warga setempat melakukan doa bersama bagi para arwah yang menjadi korban longsor TPA Leuwigajah pada 2005 lalu. ”Kami berdoa bagi para arwah yang menjadi korban longsor TPA tersebut supaya amal baktinya selama di dunia mendapatkan pahala , karena korban longsor TPA tersebut merupakan kejadian kedua terbesar di dunia setelah Filipina dengan korban 157 orang,” katanya.

Sementara, Tokoh masyarakat Adat kampung Cireundeu, Asep Abas menyatakan terimakasihnya kepada LSM Tenkcot yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga Kampung Cireundeu. Karena Cireundeu merupakan satu-satunya kampung di Kota Cimahi yang memiliki kekhasan khususnya dalam mengkonsumsi singkong sebagai bahan makanan pokok sehari-hari. ”Cireundeu menjadi salah satu asset Kota Cimahi yang sudah dikenal di tanah air maupun mancanegara, sebagai warga di sini, kami mengucapkan terimakasih jika ada pihak lain yang memiliki kepedulian kepada lingkungan kami,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan