Lelang Lancar, Agustus Bangun Monorel

Tiga Perusahaan Masuk Tahap Evaluasi

COBLONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera melelang proyek pembangunan monorel. Ketua lelang proyek monorel Srie Dhiandini mengatakan, pembangunan monorel Bandung sudah menginjak tahap evaluasi sampai tanggal 23 Februari mendatang.

’’Jika proses lelang ini berlangsung lancar, maka pengerjaan konstruksi fisik sudah bisa dilakukan pada bulan Agustus 2015 oleh perusahaan pemenang lelang,” jelas Srie ketika ditemui di Balai Kota kemarin (1/2).

Menurut dia, saat ini sudah ada tiga investor yang masuk tahap evaluasi. Yakni, SMRT (Singapura), PT Len Industri (Indonesia), serta AEROMOVEL (Eropa). Dari ketiga perusahaan tersebut pihaknya akan melakukan evaluasi sampai akhir Februari untuk menentukan pemenang tendernya. Dengan perkiraan nilai proyek Rp 2 – 3 triliun.

Namun, lanjut dia, jika hanya satu perusahaan yang masuk dalam tahap evaluasi, maka akan dilakukan pelelangan ulang. Hal itu sudah menjadi ketetapan mekanisme tender pengadaan barang dan jasa di pemerintahan.

Rute monorel Bandung koridor satu, rencananya dimulai dari Babakan Siliwangi. Melewati beberapa titik seperti Jalan Dipatiukur, Dago, dan berakhir di Leuwipanjang. Namun, penentuan rute ini masih sementara. Tidak menutup kemungkinan akan berubah. Hal ini bergantung pada hasil kajian dari investor serta pemkot. ’’Kita tentunya menunggu izin dari kementerian, gubernur, lalu wali kota,” terang dia.

Sri berharap dalam proyek pembagunan monorel tersebut masyrakat dapat bersama member dukungan. ’’Ini kan demi kepentingan bersama agar permasalahan di Kota Bandung satu per satu bisa ditangani. Seperti, keinginan dari program wali kota untuk mengatasi kemaceta di Kota Bandung,” ungkap Srie (yan/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan