Lelang dan Kontes Batu Akik Jadi Acara Puncak

Peserta Pamer Batu Akik Cimindi Donasikan Hasil Pelelangan untuk Yatim Piatu

ONTES batu akik meriahkan acara penutupan ajang Pamer Batu Akik di Lantai 2 Pasar Cimindi, Jalan Cibaligo, Kota Cimahi, kemarin (22/2). Beberapa kontestan pun memamerkan kreatifitasnya dengan membentuk berbagai hiasan. Seperti, jam, kalung, dan miniatur iguana.

pemenang kontes (batu virus persia) - bandung ekspres
DAPAT SERTIFIKAT: Pemenang kontes batu akik memperlihatkan sertifikat dari panitia penyelenggara. Sementara itu, pada acara puncak kemarin, diadakan pula pelelangan.

Dalam penilaiannya, juri membagi dua kategori. Pertama, berdasarkan jenis batu akik logam mulia dan batu akik berwarna. Kedua, dilihat berdasarkan jumlah pengunjung yang hadir di stand peserta.

Sementara berdasarkan penilaian itu, salah seorang peserta Andrian Hendrawan berhasil menjadi juara dengan batu jenis virus persia. Andri mengaku senang karena terpilih menjadi pemenang. ”Puas aja, ini kan hasil karya,” katanya.

Andrian melanjutkan, jenis batu virus persia tersebut didapatkan dia dari rekannya. Bahkan, selama mengikuti pameran, sempat ada yang menawarnya dengan harga tinggi. Namun, karena pemberian, dirinya enggan menjualnya. ”Saya dapet batunya mentahan dari teman saya, setelah saya bentuk, batu itu ternyata bagus juga keliatannya. Makannya saya konteskan batu ini. (Virus Persia),” katanya.

”Iya ada yang sempat menawar waktu itu, (saat pameran), cuman saya nggak kasih. Kalau melihat nominalnya sih saya juga sebetulnya ingin menjual, sudah ditawar Rp 15 juta. Tapi, karena sejarahnya, jadi nggak saya jual,” tegasnya.

Bukan hanya kontes batu, di hari terakhir Pamer Batu Akik Pasar Cimindi itu pun diisi dengan kegiatan sosial berupa pelelangan batu oleh 25 peserta pameran yang hasilnya nanti akan disumbangkan kepada anak yatim dan yayasan di sekitar Pasar Cimindi.

”Sebenarnya kegiatan santunan ini sering dilakukan pedagang Cimindi dengan biaya patungan. Nah, sekarang, kita adakan lagi dengan para pedagang batu. Jadi selain bisa bertransaksi, pedagang bisa berbagi dengan mendonasikan hasilnya kepada yatim piatu,” ujar Andri Gunawan Kepala Pasar Cimindi, kemarin (22/2).

Sementara itu, menurut kabar, lantai 2 Pasar Cimindi ini pun diharapkan beberapa pihak menjadi pusat perdagangan batu akik di Kota Cimahi. (mg18/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan