Lebih Klasik dengan Kayu

Bisa Meredam Suhu Panas

SOETTA – Desain rumah kayu bisa menjadi solusi tepat untuk terhadap permasalahan pemanasan global dewasa ini. Malah, dengan menggunakan unsur kayu, kesan yang diperoleh bisa lebih dari ekspektasi.

’’Desain rumah kayu memberikan daya tarik dengan gaya klasik, sederhana, dan juga minimalis. Desain rumah kayu juga bahkan tetap elegan seperti desain rumah dengan bahan atau material yang umum seperti semen atau beton,” papar penggiat Desain Rumah Kayu, Rizki Firmansyah, 38, pada Bandung Ekspres di kantornya Jalan PH Mustopa No.156 Bandung. kemarin (20/2)

Menurutnya, hingga saat ini desain rumah kayu banyak sekali diminati oleh para arsitek. Selain mempunyai gaya minimalis, desain rumah kayu juga menampilkan kesan alam yang sejuk dan rindang. Masyarakat kota yang sibuk dan bising tentu sangat rindu dengan suasana desa yang nyaman dan menenangkan.

Hal ini juga turut menjadi alasan utama lahirnya desain rumah kayu. Kayu yang digunakan sebagai bahan untuk pembangunan rumah memiliki banyak keuntungan. Menurut dia, beberapa bahan bangunan seperti baja atau bahan anorganik yang tidak mudah terbakar akan mengembang saat memanas. Kemudian, dapat melemahkan dan meruntuhkan struktur bangunan.

Sebaliknya, unsur kayu bereaksi dengan cara yang hampir berlawanan dengan bahan bangunan lainnya. Dibandingkan dengan bahan konstruksi lain, kayu juga sangat ekonomis dan merupakan isolator panas dan dingin yang baik.

Singkatnya, menggunakan kayu dapat menghemat tagihan listrik untuk pemanas (atau pendingin) dan menggunakan frame kayu dalam struktur merupakan penghematan yang bijak. Faktanya, kayu sedikit berkembang ketika kelembaban udara turun di bawah 0 persen. Namun, hal ini tidak akan mempengaruhi konstruksi bahkan pada iklim yang paling kering, kelembaban tidak akan turun di bawah 5 persen.

Dia mengungkapkan, beberapa produsen rumah kayu dapat membangun rumah seluas 100 meter persegi (m²) dalam waktu 7 hari dengan desain rumah kayu. Bila dibandingkan dengan menggunakan unsur batu bata, batu atau beton, bagi dia, konstruksi kayu sangat menghemat waktu dalam pembangunan dan tentu saja akan menghemat penyewaan jasa tenaga kerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan