Lagi, Venue Menembak Tertunda

[tie_list type=”minus”]

 Anggaran Nihil, Perbakin Terancam Tak dapat Bantuan Peralatan

[/tie_list]

 

bandungekspres.co.id– Harapan Perbakin Kabupaten Cirebon untuk memiliki venue menembak representatif sepertinya masih akan terus tertunda. Sebab, anggaran untuk pembangunan gedung baru masih belum dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, baik dalam APBD 2016 maupun APBD Perubahan 2016.

Padahal, tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk membangun venue baru. Selain karena venue di GOR Ranggajati tidak memenuhi standar, Perbakin ingin memanfaatkan kesempatan emas. Pasalnya, tahun depan Pengprov Perbakin Jawa Barat (Jabar) berniat memberikan bantuan seperangkat mesin target dan penghitung skor otomatis berstandar internasional ke sejumlah daerah yang telah memiliki venue layak.

”Sebetulnya ini saat-saat yang tepat untuk merencanakan pembangunan sebuah venue. Saya rasa kalau pembangunan dimulai awal tahun depan, sebelum PON digelar bulan September, venue sudah selesai. Ketika venue-nya sudah ada, maka bantuan dari Perbakin Jabar bisa diterima,” terang Ketua Bidang Target Perbakin Jawa Barat, Zaenal Saleh kepada Radar Cirebon (Group Bandung Ekspres).

Menurut Zaenal, bantuan mesin dari Pengprov Perbakin Jabar hanya akan diberikan kepada Pencab Perbakin yang telah memiliki venue yang layak. Bahkan, sebelum bantuan diberikan, Perbakin Jabar akan melakukan survei terlebih dahulu. ”Yang paling siap itu Kabupaten Bogor,” katanya.

Menurut Zaenal, bantuan peralatan canggih dari Pengprov Perbakin Jabar itu merupakan kesempatan emas. Sebab, kesempatan mendapatkan mesin itu secara cuma-cuma sangat kecil kemungkinannya akan terulang lagi. Padahal, harga mesin yang baru itu bisa mencapai Rp70 juta per buah. Dan jika Kabupaten Cirebon siap, sedikitnya lima buah mesin yang saat ini ada di gedung tembak Cisangkan, bisa pindah ke Cirebon.

”Kami sedang memesan mesin baru dari Jerman. Sebelum PON dilaksanakan September tahun depan, puluhan mesin lama di Cisangkan akan diganti dengan yang baru,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya mengatakan, anggaran untuk pembangunan venue menembak baru belum terakomodasi dalam APBD Kabupaten Cirebon 2016. Untuk memastikannya, Ayu sapaan akrabnya, sudah menanyakan langsung keberadaan anggaran tersebut kepada Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Cirebon, Sugeng Raharjo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan