Laga Pertaruhan Mental

PERSIB Bandung berhadapan dengan tim asal Malaysia Selangor FA sore ini (22/5). Target menang menjadi mutlak bagi Persib, pada pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung ini.

Bagi Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman, pertandingan kali ini penting, karena menjadi modal tim menatap babak 16 besar kontra Kitchee di Piala AFC, pada 27 Mei. ”Kemenangan ini untuk menjaga mental supaya tetap terjaga,” ujar dia dalam jumpa pers yang digelar di Hotel V, Jalan Setrasari Bandung, kemarin (21/5).

Pelatih yang akrab disapa Djanur ini menilai, misinya membawa kemenangan tidak mudah. Pasalnya, Selangor sendiri bisa dibilang klub tersukses di negaranya, dilihat dari segi jumlah perolehan gelar juara yang pernah diraih.

Tercatat, klub yang memiliki home base di Stadium Shah Alam ini sudah memenangkan 32 kali Malaysia Cup, tujuh kali juara MSL, lima kali juara FA Cup, delapan Charity Shield, 13 King’s Gold Cups dan satu Agong’s Cup. Bahkan, Selangor FA juga pernah mencatat prestasi fenomenal dengan meraih treble winner pada musim 1997, 2005 dan 2009.

Namun, itu dulu. Sekarang, prestasi Selangor FA tengah menurun. Selama periode tahun 2011–2012 Selangor FA hanya sanggup duduk di posisi ketiga dan sedikit membaik pada 2013 dan 2014 sebagai runner up.

Sedangkan Persib Bandung sebaliknya. Tim kebanggaan warga Jawa Barat ini baru saja menjuarai kompetisi tertinggi tanah air bertajuk Indonesia Super League (ISL) pada 2014. Kondisi psikologis sebagai tim juara sejauh ini masih tampak terjaga. Terbukti, pasukan Maung Bandung terus melaju di ajang AFC Cup 2015 dan belum terkalahkan pada laga-laga awal ISL 2015, yang kemudian diberhentikan di tengah jalan.

Meski begitu, Djanur tetap menginstruksikan para pemain tetap waspada. Pasalnya, dia yakin Selangor FA akan menampilkan kemampuan terbaiknya demi menjaga gengsi nama negaranya.

”Selangor tim yang selevel. Karena selama ini kita hanya uji coba dengan tim-tim lokal, dan Alhamdulillah sekarang bisa beruji coba dengan Selangor yang selalu menghuni papan atas di Liga Malaysia,” katanya.

Hanya saja, Djanur cukup menyayangkan di laga uji coba ini, Selangor FA tidak diperkuat sembilan pemain andalannya. Tujuh di antaranya tengah bergabung dengan tim nasional (timnas) Malaysia. Sedangkan, dua sisanya yakni pemain asing tidak bisa mengikuti ajang uji coba nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan