KONI Jabar Usulkan Anggaran Rp 143 Miliar

Untuk Pembelian Peralatan Olahraga

COBLONG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Wilayah Jawa Barat (Jabar) mengusulkan anggaran sebesar Rp 143 Milia untuk pembelian peralatan olahraga pada pelaksanaan PON XIX/2016 nanti. Pernyataan ini terungkap dalam rapat kerja DPRD Jabar Komisi V yang memaparkan program-program anggaran tiap OPD yang termasuk dalam mitra kerja Komisi V.

”Memang betul KONI mengajukan anggaran kepada Pemprov Jabar untuk pembelian peralatan dan perlengkapaan olahraga,” kata Kadisorda Jawa Barat, Yudha M. Saputra ketika ditemui usai rapat kerja di Gedung DPRD Jabar, kemarin (28/3).

Menurutnya pengajuan anggaran sebanyak itu nantinya akan digunakan untuk pembelian perlengkapan cabang olahraga yang akan dilombakan pada PON nanti. Yudha menuturkan, saat ini berdasarkan laporan dari pihak KONI,ada beberapa cabang olahraga yang saat ini harus dilengkapi peralatannya. Seperti, pembelian matras, sarung tinju, peralatan senam lantai, dan alat penunjang lainnya.

”Ya, itu nantinya akan digunakan untuk cabang-cabang olahraga dan akan diberikan sebagai fasilitas dalam lomba, karena tidak semua atlet dari daerah lain membawa alat sendiri,” ujar Yudha.

Selain itu, dalam pengadaan peralatan dan perlengkapan tersebut tidak dilakukan dengan sistem lelang, akan tetapi dengan sistim E-Katalog.

Dia beralasan, dengan menggunakan E-Katalog bisa dengan mudah untuk ditetapkan berdasar pengajuan dari beberapa produsen yang membidangi langsung sebagai penyedia peralatan dan perlengkapan olahraga.

”Ya, waktunya mendesak kalau dengan lelang prosesasnya lama, tapi kalau dengan E-Katalog nantinya setiap jenis peralatan akan terlihat kualitas dan harganya secara lebih detail,”ungkap Yudha.

Dia menambahkan, apabila nanti peralatan tersebut telah dibeli oleh Pemprov Jabar, dia mengingikan agar perlatan dan perlengkapan tersebut bisa disimpan dan dikelola oleh persatuan cabang olahraga masing-masing. ”Ya nantinya kalau PON sudah usai, biar pengurus persatuan olahraga masing-masing yang memelihara peralatan tersebut agar bisa meningkatkan prestasi atlet Jabar,” tandas Yudha. (yan/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan