Koni Cairkan Dana Rp 525 Juta

[tie_list type=”minus”]Diberikan Sebagai Stimulan untuk 35 Cabor [/tie_list]

bandungekspres.co.id– KONI Kabupaten Cirebon membuktikan janjinya untuk segera mencairkan dana stimulan bagi cabang olahraga (cabor). Dana sebesar Rp 525 juta dikeluarkan KONI untuk 35 cabor yang ada di bawah naungannya.

renang
BONUS DITUNDA: Atlet renang Cirebon Livia yang dikabarkan akan pindah ke Kota Bandung karena tidak mendapat uang saku dari KONI Cirebon. Sementara untuk pencairannya sendiri baru dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Pencairan dana digelar di Pendopo (Rumah Dinas Bupati Cirebon), Jalan Kartini, Kota Cirebon, kemarin (18/12). Masing-masing cabor mendapatkan stimulan Rp15 juta.

Di hadapan pengurus cabor, Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya menyampaikan permohonan maafnya karena dana pembinaan terlambat dicairkan. Menurut dia, hal itu terjadi karena anggaran KONI tahun ini baru dicairkan dari APBD Perubahan Kabupaten Cirebon tahun 2015.

”Mohon dimaklumi. Keterlambatan ini bukan karena kita tidak mempedulikan pembinaan atlet. Tapi karena anggaran dari APBD Perubahan memang baru turun. Seperti yang sudah diketahui, KONI tidak mendapatkan dana dari APBD Murni,” ujarnya.

Untuk tahun depan, Ayu – sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya – berjanji kejadian serupa tidak akan terulang. Menurut dia, KONI sudah mengamankan pos anggaran dalam APBD Murni Kabupaten Cirebon tahun 2016 sebesar Rp1,5 miliar dan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp2,5 miliar. ”Insya Allah, untuk tahun depan tidak aka nada keterlambatan lagi karena sudah ada anggaran di APBD Murni,” katanya.

Jika tahun seluruh cabor mendapatkan stimulan sama rata yakni Rp15 juta. Tahun depan, kata Ayu, KONI tidak akan menerapkan hal yang sama. ”Kan adil itu tidak berarti sama rata. Jadi, dana stimulan akan disesuaikan dengan prestasi cabornya. Insya Allah, di bulan Januari kita sudah menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk menginfentarisasi cabor-cabor unggulan,” terangnya.

Bagi atlet Kabupaten Cirebon yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, sepertinya masih harus bersabar. Sebab, KONI belum menganggarkan uang pembinaan. Kemungkinan, dana pembinaan atlet PON baru akan diberikan tahun depan. ”Kita masih koordinasi dengan KONI Jawa Barat. Sebab, kita belum mendapatkan data atlet Kabupaten Cirebon yang sudah dipastikan masuk PON. Yang pasti KONI akan perhatikan atlet-atlet yang berprestasi,” tutur Ayu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan