Kodam III Siliwangi Gelar Bhakti TNI KB Kes Terpadu

PANGALENGAN – Kodam III Siliwangi menggelar kegiatan Bhakti TNI Keluarga Berencana (KB) Kes Terpadu di Markas Koramil 0911 Pangalengan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penguatan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, KB, kesehatan dan ketahanan keluarga 2015.

Dandim O6O9, Letkol Kav PL. Ginting mengatakan, kegiatan ini adalah perlombaan antara Kodim tingkat Kodam 111 Siliwangi yang diadakan Kodam dan Provinsi. ”Perlombaan ini digelar untuk penilaian bagaimana program KB Kes selama ini berjalan atau nggak-nya. Kebetulan kita terpilih menjadi Duta khususnya Koramil 0911 Pangalengan untuk mewakili Kodim 0609,” kata PL. Ginting saat diwawancara kemarin (15/10).

PL.Ginting pun mejelaskan, program KB Kes itu antusias program pemerintah dan program terpadu dengan TNI khususnya TNI Angkatan Darat (AD). Dengan terwujudnya KB Kes, salah satu tujuannya untuk menekan populasi jumlah penduduk, tentunya bagi salah satu rumah tangga itu didapatkan untuk terjaminnya kesehatan ibu dan anak. Hal tersebut akan menambah kesejahteraan keluarga dan anaknya kelak bisa mengikuti pendidikan sampai jenjang tertinggi. Karena, kalau banyak anak banyak pengeluaran dan kalau banyak pengeluaran bagaimana kita mau menyekolahkan anak. Dengan sedikit anak akan lebih efektik dengan banyak anak untuk menekan pendidikan dan masa depan anak. Kalau masa depan anak terjaga tentunya secara besar negara semakin maju kedepan.

”Harapan ke depan, kesejahteraan terwujud itu membentuk sumber daya manusia semakin meningkat, tentunya kinerja dan daya saing semakin tinggi ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Pabandia Bhakti TNI Staf Teritorial Kodam III Siliwangi, yang juga Ketua Tim Penilaian KB Terpadu, Mayor Inf. Teddy mengatakan, program ini kerjasama kemitraan antara TNI dengan BKKBN Pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk menangani penyakit yang berkaitan dengan KB. Tak hanya itu, program ini merupakan hasil kerjsama dengan BP3KB dalam kaitan perlindungan anak.

”Sehingga masalah KB dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, bukan hanya tanggunjawab pemerintah daerah saja. Melainkan tanggung jawab bersama, karena memang kita bergeraknya bersama-sama dengan satu tujuan,” kata Teddy di Markas Koramil 0911 Pangalengan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan