Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Jalan Tahun 2016

bandungekspres.co.id – Megaproyek kereta cepat Jakarta – Bandung yang ditangani konsorsium asal Tiongkok, segera terwujud. Pekerjaan akan dimulai tahun 2016 dan ditargetkan rampung tiga tahun kemudian.

Pihak Tiongkok diwakili Konsorsium  Tiongkok Railway International Co Ltd dan konsorsium BUMN yang diwakili PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) telah melakukan penandatangan dokumen kerjasama joint venture (JV) di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Jumat (16/10). Kontrak kerja sama diteken langsung Chairman Board China Railway International Co. Ltd Yang Zhong Min dan Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia Sahala Lumban

”Transportasi publik ini akan menjadi hal yang baru bagi Indonesia. Bagi masyarakat Bandung bisa lebih menyingkat waktu, tadinya butuh 3 jam menjadi 45 menit untuk sampai ke Jakarta atau sebaliknya,” kata Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia, Sahala Lumban Goal, Jumat (16/10).

Kata Sahala, kerjasama yang menelan anggaran puluhan triliun adalah keputusan koorporasi dengan tujuan memberikan hal baru bagi kebaikan dan pertumbuhan HSR di Indonesia atau di Tiongkok.

”Pembangunan proyek ini akan didanai oleh China Development Bank,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN.

Dia mengapresiasi sikap Pemerintah Tiongkok yang begitu bersemangat menopang megaproyek kereta cepat ini. ”Kami berharap transportasi super cepat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya mereka yang tinggal di Bandung dan Jakarta. (hyt/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan