Kamojang Tempat Finis

[tie_list type=”minus”]Babak Kualifikasi PON Cabor Balap Sepeda Motor[/tie_list]

BANDUNG – Kawasan Kamojang, Kabupaten Bandung ditetapkan sebagai tempat finis pada kualifikasi balap sepeda motor pada PON XIX tahun 2016. Rencananya, babak kualifikasi akan dimulai besok (3/9). ”Untuk posisi finis, kita tetapkan tempatnya di Kamojang, di mana rute yang dilewati sebelumnya melintasi Leuwigoong belok ke kiri langsung ke Leles tidak lewat Nagreg,” ungkap Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Pengprov ISSI) Jawa Barat Ato Hermanto kepada wartawan kemarin (1/9).

Menurutnya, penetapan itu setelah mendapat persetujuan dari Kabupaten Garut yang terpilih menjadi lokasi pertandingan pada babak kualifikasi PON XIX/2016 cabor balap sepeda untuk nomor road race dan MTB. Untuk nomor road race dengan jarak tempuh sejauh 80 kilometer rutenya dimulai dari Pendopo Garut Kota kemudian kawasan Situ Bagendit-Limbangan-Tanjakan Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Samarang dan berakhir di Kamojang,” katanya.

Saat ditanya kenapa memilih lokasi di Garut? Ia menjelaskan, setelah dilihat dari sisi kelayakan kondisi jalan di Kabupaten Garut sudah bagus untuk digunakan jalur balap sepeda nomor road race. ”Kita lihat jalur Jalan sudah bagus, termasuk jalan rusak sepanjang tiga kilometer di jalur Kamojang saat ini sudah di-hotmix,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada babak kualifikasi PON XIX ini akan diikuti oleh para pebalap dari 27 provinsi. Untuk balap sepeda nomor MTB, dilaksanakan di kawasan Situ Cibeureum, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut. Sedangkan untuk nomor BMX akan digelar di Batu Korsi, Sumedang.

Diterangkan dia, meski persiapan untuk cabang olah raga balap motor ini, sangat mendadak dan mendesak waktunya, tapi tidak akan menjadi halangan dan kendala untuk pelaksanaan balapan. Sebab, masih ada waktu untuk persiapan penataan rute yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana balapan.

”Kami berharap pelaksanaan balapan, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga saja atlet Jawa Barat mampu mengalahkan pebalap lainya,” ucapnya.

Sementara Itu salah seorang Atlet pembalap Jabar Fauzi mengatakan, menghadapi jalur Kamojang yang melewati Garut itu sudah pernah dilalui saat di latihan. ”Semoga saja dalam mengikuti balapan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya. (aku/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan