KA Angkutan Favorit Pemudik

JAKARTA – Peningkatan layanan oleh PT KAI membuat moda transportasi kereta api menjadi angkutan favorit bagi pemudik dalam arus mudik tahun ini. Jumlah penumpang kereta api arus mudik tahun ini diprediksi meningkat tertinggi, mencapai sekitar 9 persen, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

PERBAIKAN REL
ISTIMEWA

PERBAIKAN REL: Seorang pekerja sedang melakukan pengelasan bantalan rel kereta api. Hal itu merupakan rangkai perbaikan yang dilakukan jelang musim mudik.

”Musim Lebaran 2015 ini, jumlah pemudik diperkirakan mencapai lebih dari 20 juta orang,” kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kemarin

Jumah tersebut meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya. Khusus untuk jumlah pemudik yang akan menggunakan kereta api, diperkirakan lebih dari 5,5 juta orang atau meningkat sekitar 9 persen dari tahun sebelumnya.

Jonan mengungkapkan, kenaikan jumlah penumpang pada moda transportasi kereta api merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan moda transportasi lainnya pada arus mudik tahun ini. Untuk angkutan udara, awalnya jumlah penumpang diperkirakan naik 2 persen. ”Tapi, karena banyak (maskapai) yang mengajukan penambahan penerbangan, mungkin kenaikannya bisa sampai 3 persen,” tambah Jonan.

Untuk angkutan laut, dia memprediksi kenaikan penumpang hanya 2 persen daripada tahun lalu. Kemudian, jumlah penumpang angkutan penyeberangan diperkirakan naik 3 persen daripada tahun lalu.

Sementara itu, jumlah penumpang angkutan darat (menggunakan bus) justru diprediksi menurun sekitar 5 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, Jonan berharap prediksi penurunan jumlah penumpang bus tersebut tidak sepenuhnya terjadi. ”Mudah-mudahan sih tidak turun, ya. Kami berharap tidak turun, supaya yang naik mobil pribadi atau sepeda motor bisa beralih naik bus atau kereta api,” kata Jonan.

Lantaran jumlah penumpang diprediksi naik secara signifikan, Jonan meminta PT KAI sebagai operator angkutan Lebaran meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Ada dua hal, menurut Jonan, yang harus diutamakan. Selain mengutamakan keselamatan perjalanan, KAI diminta mengutamakan peningkatan pelayanan kepada pengguna kereta api.

Imbauan Menhub langsung disambut PT KAI dengan meluncurkan promo ”KAI Mudik Hebat” untuk Lebaran 2015. Penumpang yang sudah memiliki tiket kereta api pada periode Lebaran bakal dapat diskon tambahan untuk pembelian tiket periode Agustus-November.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan