Jumsih Sabilulungan UPTD PU Bina Marga

Warga Semakin Antusias Dukung Hidup Sehat

bandungekspres.co.id–Antisipasi banjir di musim penghujan dan mendukung program kesehatan masyarakat Kabupaten Bandung terus dilakukan UPTD Pekerjaan Umum Bina Marga Wilayah Margahayu baru-baru ini. Program bernama ’Jumat Bersih Sabilulungan’ itu semakin hari terus mendapatkan dukungan yang membuat warga antusias ikuti program mingguan tersebut.

Setelah sekian wilayah yang sudah dilakukan jumsih, Kecamatan Katapang mendapatkan giliran. Dalam kegiatan tersebut, kebersamaan terlihat antara jajaran UPTD PU Bina Marga wilayah Margahayu, Muspika Katapang, Pemerintahan Desa Cilampeni, dan masyarakat sekitar. ’’Jumsih kali ini di sepanjang jalan Katapang-Ciseah, kami bersihkan lingkungannya dari sampah,” terang Kepala UPTD PU Bina Marga Drs.H.Budi Hermawan kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di sela kegiatan, Jumat (13/11).

Dia mengaku, berkat koordinasi dan komunikasi, kegiatan terlaksana dengan sukses serta dapat respon posotif dari masyarakat setempat. Menurut dia, suksesnya kegiatan Jumsih yang dipelopori Dinas PU Bina Marga melalui UPTD, karena koordinasi yang baik antara Muspika Kecamatan Katapang. .

Budi menegaskan, sesuai dengan arahan kepala dinas Bina Marga Kabupaten Bandung. Pihaknya melaksanakan koordinasi dengan Kecamatan Katapang, sehingga peserta yang mengikuti sampai ratusan orang. ’’Ini bukti kebersamaan, Jumsih mendapatkan dukungan. Gotong royong ternyata masih dirindukan masyarakat Kabupaten Bandung. Sehingga wajar kalau sabilulungan mendapatkan dukungan serupa,” tegas Budi.

Hal senada disampaikan Drs. Agus Rizal, M.Si setelah melakukan koordinasi dengan pihak dinas terkait. Pasalnya, ada kesamaan program dalam mengantisipasi bencana di musim penghujan. ’’Oleh karena itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa dalam menetukan titik lokasi yang jadi target operasi Jumsih. Selain itu, program sama akan dilakukan di setiap wilayah desa se-Kecamatan Katapang,” jelas Agus Rizal.

Sementara itu, Uus Ruslan S.Sos, Kepala Desa Cilampeni menegaskan, dirinya bersama masyarakat sangat merespon program yang dilakukan UPTD PU. Karena ada persamaan program dalam antisipasi bencana di musim penghujan. Apalagi wilayah Desa Cilampeni sangat berdekatan dengan bantaran Sungai Citarum. Oleh Karena itu, pihaknya berterimakasih kepada UPTD Bina Marga yang sudah memelopori kegiatan Jumsih. ’’Karena menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga yang mencintai kebersihan dan kebersamaan,” pungkasnya. (gun/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan