Jumlah Kebakaran Meningkat

[tie_list type=”minus”]Mayoritas Hubungan Arus Pendek[/tie_list]

BABAKAN CIPARAY – Sebanyak 23 peristiwa kebakaran terjadi di Kota Bandung, selama bulan Agustus ini. Mayoritas sumber bencana berawal dari hubungan arus pendek.

Jika dibandingkan dengan bulan Juli lalu yang mencapai 24 kejadian, hingga kemarin (26/8) peristiwa kebakaran tidak lebih banyak. Kendati demikian, frekuensi bulan ini menunjukkan peristiwa yang lebih banyak jika dibandingkan tahun 2014 di bulan yang sama, sekitar 15 kejadian atau 8 kali lebih banyak.

Kebakaran paling besar terjadi belum lama ini, menimpa Lapangan Golf Arcamanik, seluas 40 hektar. Dan yang terjadi dini hari kemarin (26/8) pukul 01. 00 di Kelurahan Cigondewah Hilir Kecamatan Marga Asih, menimpa gudang plastik dan tempat produksi teh sono seluas 2.000 meter persegi menambah catatan buruk rekapitulasi jumlah kejadian kebakaran tahun 2015.

’’13 unit pancar dikerahkan dari gabungan Damkar se-Bandung Raya, untuk mengisolasi dan memadamkan api,’’ kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Yosep Heryansyah.

Menurut Yosep, betapa bahayanya api ketika menjadi besar dan tidak bisa dikendalikan. Oleh sebab itu, jangan pernah lalai dengan potensi bahaya kebakaran. Hakikatnya, api itu dari kecil menjadi besar, akan menjadi ancaman ketika kita teledor, sahut dia.

Memperhatikan setiap sumber yang mempunyai indikasi bahaya kebakaran berarti menjauhkan ancaman bahaya kebakaran itu sendiri. Untuk itu, melangkapi rumah ataupun tempat berniaga dengan alat pemadam api ringan (APAR), merupakan langkah tepat. ’’Melengkapi tempat tinggal kita dengan APAR, tidak lebih mahal dari pada membeli perangkat elektronik,“ tukas Yosep.

Terkait peristiwa kebakaran Pasar Induk Caringin, di Blok E Mini, Kelurahan Babakan Ciparay Kecamatan Babakan Ciparay yang menghanguskan 12 kios klontongan. Yosep mengaku DPPK mengerahkan 4 unit pancar dan 1 unit rescue.

Melalui prosedur tetap, pemadaman dan isolasi agar tidak terjadi perambatan ke kios sekitar. Dalam tempo 15 menit api berhasil dikuasai.

Untuk tahap penyelidikan sumber api ditangani kepolisian. ’’Jumlah kerugian pun masih dalam tahap perhitungan penyidik,“ imbuh Yosep. (edy/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan