Iwan Fals Dicekal di Malam Tahun Baru

MUSISI papan atas di Tanah Air, Iwan Fals, dilarang tampil dalam konser pergantian tahun Gemilang 2016 MNCTV, yang bakal digelar di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara. Kabar tersebut datang dari pihak PT Pembangunan Jaya Ancol, yang menyebut kepolisian tidak memberi izin buat Iwan untuk tampil.

Iwan Fals
Iwan Fals

”Berhubung surat izin untuk Iwan Fals tampil belum diterima, maka kami mengambil langkah tersebut. Kami tidak mau mengambil risiko. Kalau izin sudah diterima, kami tidak pernah menutup untuk siapa saja tampil di Ancol, apalagi Iwan Fals,” kata Agus Sudarno selaku Wakil Direktur Rekreasi Ancol saat belum lama ini.

Pihak Ancol pun tak mau memaksakan diri dengan menghadirkan Iwan. ”Kondisinya tidak memungkinkan, kalau dipaksakan pasti berisiko,” tandasnya.

Pengumuman pembatalan dihadiri juga oleh Direktur Program dan Produksi MNCTV Endah Hari Utari, Kapolsek Pademangan Kompol Andi Baso, serta istri Iwan, Rosana selaku pihak manajemen. Agus menegaskan, pembatalan konser Iwan itu bukan dilakukan sepihak oleh manajemen Pantai Festival Ancol. Hal itu murni karena syarat prosedural saja.

Pihak Ancol belum menerima surat izin dari kepolisian, yang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. ”Murni karena pihak kepolisian belum mengeluarkan surat izin,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama menyayangkan batal tampilnya Iwan Fals. ”Saya padahal sudah siap-siap untuk bisa menonton Iwan Fals, inginnya Iwan Fals karena lebih bagus,” kata Basuki saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta kemarin.

Menurut pria yang biasa disapa Ahok, pihak kepolisian mempertimbangkan faktor keamanan seandainya Iwan Fals tetap manggung di Ancol. Seperti diketahui, setiap kali Iwan Fals manggung penonton yang ingin menyaksikan hampir dipastikan akan membludak.

Tidak mau keamanan perayaan terganggu polisi pun, kata Ahok, tidak memberi izin. ”Itu ada di laporan pihak Ancol, katanya tidak dapat izin,” ujarnya.

Meski batal untuk menyaksikan Iwan Fals, Ahok tetap akan menghadiri perayaan Tahun Baru 2016 di Ancol. Alih-alih menonton Iwan Fals, Ahok pun siap untuk menyaksikan persembahan lagu yang nanti akan disuguhkan oleh band Noah. ”Iya (nonton Noah),” kata Ahok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan