Integrasikan Biogas dengan Kolam Lele

[tie_list type=”minus”] Mengintip Launching Green Plasma[/tie_list]

Mewujudkan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai Green Campus tahun 2020, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) membentuk Green Plasma. Yaitu kawasan yang menerapkan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan. Salah satunya yaitu biogas yang terintegrasi dengan kolam lele.

Laporan: Rany Puspitasari

BARU-baru ini, IPB mengumumkan bahwa pada tahun 2020 IPB akan menjadi Green Campus. Hal ini memantik semua fakultas untuk bergerak. Salah satunya yang dilakukan FEMA. Dekan FEMA IPB Arif Satria menjelaskan, agar terwujudnya visi IPB menjadi Green Kampus, pihaknya memberikan dukungan berupa kegiatan Green Plasma.

Yang merupakan bagi dari kegiatan Pusat Pelayanan dan Aktivitas Mahasiswa. ”Green Plasma merupakan kawasan yang berada dilingkungan FEMA yang menerapkan prinsip kelestarian lingkungan dengan adanya biogas yang terintegrasi dengan kolam lele, hidroponik dan kantin sehat,” ujarnya kepada Radar Bogor (grup Bandung Ekspres).

Biogas atau Blue Economy tersebut terdiri dari reactor biogas, budidaya lele dan hidroponik dengan prinsip utama adalah zero waste. Artinya bahan limbah suatu proses menjadi bahan baku bagi proses lainnya.

”Reactor biogas menggunakan sampah organik yaitu daun sebagai bahan baku utama, limbah dari biogas digunakan sebagai pupuk organik cair hidroponik dan budidaya lele. Nah, biogas tersebut dimanfaatkan kantin FEMA,” ungkap Arif.

Ia menjelaskan, bahwa tidak hanya menggunakan gas organik, foodcourt sehat FEMA pun sudah menyediakan berbagai jenis makanan sehat seperti beras organik, ayam sehat dan sayuran organik. ”Sehingga kantin tersebut bebas dari zat-zat berbahaya seperti formalin,” jelasnya.

Sedangkan sisa biogas dalam bentuk cairan digunakan sebagai pupuk yang digunakan untuk tanaman hidroponik. Dengan menanam beberapa tanaman, seperti pakcoy dan caisin. Juga ada arboretum ketahanan pangan yang terdiri dari tanaman-tanaman lokal, seperti ganyong, garut, kenikir, uwi, ubi kayu, bayam, pisang, sukun, pepayan dan lain-lain.

Tidak hanya itu, Green Plasma FEMA pun menghadirkan rumah kos lebah madu trigona yang akan dimanfaatkan bukan saja madunya, tapi air liur lebah yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit berat, seperti kanker dan sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan