Ini Panggung Neymar

Tulangg Punggung El Barca

bandungekspres.co.id– Masih berbicara duel panas antara Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi di laga El Clasico? Itu sudah so yesterday. Sekarang waktunya mata dunia memandang pada talenta Latin lainnya yang bernama Neymar da Silva Santos Jr. Santiago Bernabeu besok akan jadi panggung utama bagi Neymar.

Neymar mengubah sorot El Clasico dalam enam musim terakhir yang hanya bisa jadi panggung antara Messi dan Ronaldo. Bukan hanya karena El Clasico ke-263 nanti akan menjadi yang pertama kalinya tidak menyertakan nama La Pulga -julukan Messi- di dalamnya.

Yang lebih penting lagi, sekarang bukan Messi yang jadi tulang punggung Barca. Melainkan Neymar. Terlebih begitu Messi harus absen sampai dua bulan lamanya setelah dia mengalami cedera robek otot medial collateral ligament di lutut kirinya pada Jornada ke-6 lawan Las Palmas, 26 September lalu.

Messi masih berpeluang comeback lebih awal pada Jornada ke-12 akhir pekan ini. Akan tetapi, dia bisa saja kembali bukan langsung sebagai starter. Melainkan memulai di bangku cadangan. Untuk posisi sayap kanan entrenador Luis Enrique bisa memilih antara Munir El Haddadi atau Sandro Ramirez.

Meminjam istilah dari sebuah tayangan iklan minuman di televisi, siapapun yang ditempatkan di sayap kanan Neymar tetap jadi kuncinya. Lima Jornada terakhir La Liga, kolaborasinya dengan Luis Suarez di sentral serangan La Blaugrana sukses jadi momok mengerikan di jantung pertahanan lawan.

Cukup dalam lima Jornada saja kolaborasi kedua pemain ini memberikan 13 gol dan lima assists bagi Barca. Dari jumlah itu, Suarez menyumbangkan enam gol dan dua assists. Sedangkan Neymar lebih besar lagi dengan delapan gol plus tiga kali bantuan assists.

Berkat aksi ngebut-nya dalam lima Jornada terakhir itu yang melesatkan namanya ke puncak daftar pencetak gol La Liga 2015-2016. Dalam 11 Jornada, winger kiri berusia 23 tahun itu mengoleksi 11 gol, terpaut dua gol dari Suarez di bawahnya. ”Di El Clasico dia (Neymar) akan mencetak hattrick,” koar Suarez, sebagaimana yang dilansir dari Sambafoot.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan