Inggris Siap Jadi Mitra

[tie_list type=”minus”]Bantu Pembangunan Infrastruktur di Indonesia[/tie_list]

JAKARTA – Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris Francis Maude menyatakan, pihaknya siap menjadi mitra rencana pembangunan infrastruktur dalam upaya mendorong ekonomi Indonesia.

Pemerintah Inggris siap menjadi mitra dalam rencana ekonomi yang akan dijalankan oleh Indonesia dalam waktu dekat ini, kata Francis Maude dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Sabtu (16/5).

Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam acara ‘Bussiness Luncheon’ bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Asia House, London, Kamis (14/5).

Menurut Maude, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi ekonomi yang kuat, bukan hanya di tingkat regional, melainkan di dunia karena Indonesia mampu memaksimalkan potensi ekonomi di berbagai bidang dengan cepat. Maude sempat menceritakan pengalaman Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond ketika berkunjung ke Indonesia.

’’Dia (Philip Hammond) juga sependapat bahwa Indonesia akan menjadi pemain besar di duniai, dan sudah sepantasnya dunia menyejajarkan Indonesia dengan negara anggota BRICS,’’ ujar dia.

Dunia, lanjut Maude, harus mulai mengeja BRICS (Brasil, Russia, India, China, South Africa dengan dua I, yaitu Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyampaikan rencana pembangunan ekonomi Indonesia yang akan difokuskan pada sektor pertanian, manufaktur, dan infrastruktur. Wapres Jusuf Kalla mengundang para investor Inggris untuk berpartisipasi menggiatkan ekonomi di Indonesia. ’’Pintu kami terbuka bagi investor asing untuk membangun infrastruktur di Indonesia,’’ kata dia.

Acara di Asia House itu dihadiri para pebisnis terkemuka di Inggris yang menyambut positif gagasan pemerintah Indonesia, khususnya agenda pembangunan infrastruktur Indonesia dalam waktu dekat ini. (ant/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan