Hujan, Baliho Rubuh

Sejumlah Pohon Ikut Tumbang

BANDUNG – Sebuah baliho dan delapan buah pohon tumbang di Jalan Soekarno-Hatta atau tepatnya di depan kantor Samsat Bersama kemarin (25/1). Hujan deras disertai angin kencang ditambah es membuat baliho plus tiangnya jatuh hingga menutup jalan. Tidak korban jiwa dalam kejadian ini, namun sempat terjadi kemacetan parah.

MENINJAU: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memantau penanganan baliho yang rubuh di Kiaracondong (25/1).
MENINJAU: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memantau penanganan baliho yang rubuh di Kiaracondong (25/1).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tiba di lokasi tak lama setelah billboard itu tumbang. Dia mengatakan, sudah memberitahu lurah, camat, dan pemadam kebakaran untuk terjun ke lapangan lebih cepat. Terutama, bila ada kejadian pohon tumbang atau reklame jatuh ke jalan raya yang menyebabkan jalan menjadi macet.

’’Saya malah yang duluan ke lapangan. Tidak terlihat camat atau pemadam kebakaran,’’ akunya kepada Bandung Ekspres kemarin (25/1).

 Reklame itu, kata pria yang akrab disapa Emil ini, memang sudah tidak layak tayang karena berkarat di mana-mana. Menanam tiangnya juga tidak dalam. Tak heran, diterpa angin kencang langsung jatuh. ”Kepada pemilik biro, tolong perhatikan tiangnya. Jangan sampai terulang lagi,’’ imbaunya.

 Ditemui di tempat yang sama, Kepala Unit Turjawali Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat Ajun Komisaris Zulkifli mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 14.15 saat hujan deras. ’’Ketika kejadian, kemacetan parah terjadi sampai jembatan layang Kiaracondong,’’ ujar Zulkifli di lokasi kejadian.

Dia memperkirakan, tumbangnya baliho karena usia tiang yang sudah tua. Itu tampak dari banyaknya bercak kuning dan bagian yang keropos di tiang penyangga papan iklan. Untuk menyingkirkan tiang yang merintangi jalan, kepolisian meminta bantuan Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran (DKPP) Kota Bandung. ’’Tadi juga ada beberapa pohon tumbang, tapi udah bisa dibereskan,’’ tukasnya.

Berdasarkan pantauan Bandung Ekspres, para petugas DKPP tak lama datang membawa peralatan lengkap. Mereka kemudian melakukan pemotongan tiang yang memiliki tinggi kurang lebih satu meter. Untuk mempermudah para petugas, polisi menutup jalan yang terhalang tiang itu. Sedangkan, beberapa pohon yang tumbang, terlihat sudah dibereskan di pinggir-pinggir jalan dan tidak menganggu masyarakat yang melintas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan