Hilmie dan Stella Jawara Moka 2015

bandungekspres.co.id– Grand final mojang dan jajaka berlangsung meriah. Beberapa kontingen mojang jajaka dari berbagai kota/kabupaten padati Sabuga, Rabu (25/11) malam.

Hajat rutin tahunan masyarakat Jawa Barat itu mempertemukan 25 pasang mojang dan jajaka dari seluruh kota/kabupaten di jabar untuk memperebutkan gelar mojang dan jajaka Jabar 2015.

Stella Natalia Mulia mojang asal Bekasi dan Hilmie Azizi jajaka asal Kota Bandung keluar sebagai pemenang dan resmi menyandang predikat Mojang dan Jajaka Jawa Barat 2015.

Sedangkan, untuk pemenang wakil satu dimenangkan mojang asal Majalengka dan jajaka Ciamis. Pemenang wakil dua diperoleh mojang Karawang dan jajaka asal Kabupaten Bogor.

”Permasalahan budaya erat kaitanya dengan eksistensi seniman yang cenderung kurang mendapat perhatian serius, untuk itu saya harap kami bersama Dinas Pariwisata dan Budaya berharap dapat menjebatani hal tersebut agar budaya di Jawa Barat tidak tertinggal,” papar Stela kepada Bandung Ekspres.

Acara yang bertema Nature itu juga dihadiri wakil gubernur Jawa Barat Dedi mizwar dan Kepala Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari, MM.

”Masalah budaya dan kecenderungan masyarakat yang mulai didekati oleh budaya hedonistik perlu disikapi serius,” kata Deddy kepada Bandung Ekspres.

Orang nomor dua di Jawa Barat itu menambahkan, pasanggiri mojang jajaka merupakan upaya untuk memperkokoh warisan nilai budaya Jawa Barat.

”Dengan harapan, bisa dilanjutkan oleh generasi muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap budayanya sendiri,” tambahnya.

Tokoh perfilman Indonesia itu juga mengatakan, anomali Budaya yang terjadi di generasi muda saat ini timbul karena rendahnya tingkat penghargaan dan pengetahuan kawula muda kepada budaya daerahnya sendiri. Oleh karena itu diperlukan dukungan dan peran serta masyarakat dalam hal ini masyarakat Jawa Barat untuk mengestafetkan warisan budaya kepada generasi muda melalui kegiatan Mojang Jajaka Jawa Barat 2015.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunu Sobari mengatakan, kegiatan pasanggiri Mojang Jajaka Jabar 2015 merupakan salah satu kegiatan pelestarian budaya dengan tujuan menciptakan generasi muda yang berwawasan tinggi.

”Kami menyayangkan, kontingen dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya tidak bisa hadir dalam pagelaran Mojang Jajaka Pasanggiri Jawa Barat 2015,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan