Harus Lebih Peka Branding

bandungekspres.co.id– Pakar ekonomi kreatif Popy Rufaedah menilai, branding menjadi salah salah satu aspek penting dalam dunia usaha. Apalagi, pada 2016, persaingan ekonomi kian ketat seiring dengan bergulirnya agenda kerjasama ekonomi negara-negara ASEAN, yang terbalut dalam ASEAN Economic Community (AEC).

Karenanya, kata dia, produk-produk lokal, termasuk yang dihasilkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), perlu melakukan berbagai upaya branding yang lebih efektif lagi. ”Branding pun perlu dilakukan para pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang industri kreatif,” tandas Popy pada Diskusi Momentum Kebangkitan Industri Kreatif Jabar Menuju Kancah Internasional di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45 Bandung, baru-baru ini.

Wanita berhijab ini mengatakan, para pelaku UMKM industri kreatif harus segera melakukan branding produk-produknya. Hal itu, jelasnya, sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing produknya. Sehingga dapat diterima pasar global.

Agar branding beragam produk industri kreatif lebih efektif, lanjut Popy, perlu adanya sinergitas seluruh stakeholder. Yaitu antara lain, akademisi, birokrat, pemerintah, komunitas, dan media massa.

Menurutnya, sebuah produk berkualitas tinggi tetapi sangat minim branding, tentunya, tetap sulit berdaya saing.

Popy menilai, tanpa sadar dalam keseharian terdapat beragam aneka brand. ”Mulai aktivitas yang paling sering dilakukan, seperti mandi, berbusana, beraktivitas, sampai kembali ke tempat tidur semuanya dipenuhi brand. Contoh sederhana, saat menyikat gigi, tidak lagi menyebut pasta gigi. Tapi, lebih pada merek-merek pasta gigi tertentu’” urainya.

”Jadi, UMKM perlu melakukan branding jika ingin penetrasi pasar internasional,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, mengajak kalangan pengusaha tatar Pasundan untuk mengembangkan bisnis secara komprehensif, yaitu mengembangkan pola hulu-hilir.

”Banyak negara yang mengembangkan pola hulu-hilir. Satu di antaranya, Korea Selatan. Melalui skema itu, Korea Selatan surplus lapangan pekerjaan. Tidak heran, Korea Selatan sering mencari tenaga dari negara lain, termasuk Indonesia,” ujar Aher—sapaan akrabnya.

Di sisi lain, pengembangan hulu-hilir sektor industri dapat melahirkan pengusaha baru. Karenanya, pengembangan, pemanfaatan, dan pemaksimalan hulu-hilir menjadi strategis. Sebab, jumlah pengusaha di Indonesia masih sedikit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan