Hadirkan Bazar PON di Jabar

[tie_list type=”minus”]Langkah Meraih Catur Sukses[/tie_list]

PURWAKARTA – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta setiap kabupaten/kota membuat bazar Pekan Olahraga Nasional XIX/2016. Upaya ini demi menyukseskan pesta olahraga nasional tersebut.

’’Kita berharap PON ini bisa catur sukses, sukses secara penyelenggaraan, prestasi, ekonomi juga administrasi. Dan kita ingin bagaimana bazar PON ini bisa hadir di semua kabupaten/kota di Jabar,” ujar Deddy di Purwakarta kemarin (6/8).

Pihaknya memiliki alasan tersendiri dalam mengusulkan pengadaan bazar PON tersebut. Pasalnya, tidak seluruh kabupaten/kota di Tatar Pasundan menyelenggarakan ajang multi olahraga itu.

’’Walaupun cuma di 15 kabupaten/kota yang melaksanakan PON, namun kita harapkan seluruh daerah bisa merasakan suasananya dan ikut menyukseskan Jawa Barat menjadi juara PON,” ucap dia.

Menurut Demiz, bazar bisa menampilkan segala pernak-pernik industri kreatif serta suvenir PON yang dihasilkan oleh masyarakat di setiap kabupaten/kota.

’’Jadi bazar ini bisa dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan PON hingga selesai. Sehingga catur sukses PON bisa diraih,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON XIX Jabar Iwa Karniwa menuturkan, pihaknya akan menggandeng masyarakat dalam pembuatan souvenir. ”Contoh sederhana, untuk maskot, kaos. Kita sampaikan kepada warga yang punya keahlian (memproduksinya),” kata Iwa.

Iwa berharap, akan banyak warga Jabar yang menikmati sukses perekonomian dengan adanya PON 2016 mendatang. Melalui gelaran tersebut, diprediksi akan banyak menciptakan lapangan kerja.

”Sukses pemberdayaan ekonomi ini seluruh masyarakat terlibat dan menikmati secara ekonomi. Sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan,” paparnya.

Terlebih, tambah Iwa, jumlah kontingen dari seluruh provinsi diperkirakan mencapai 15 ribu. Dengan begitu, Iwa optimistis akan semakin menghidupkan perekonomian masyarakat.

”Otomatis hotel, restoran, cenderamata, pasti akan terjadi peningkatan. Kita terus menginformasikan agar warga dan pelaku usaha mempersiapkan diri,” paparnya.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Yunandar Eka Perwira menyatakan, pelaksanaan PON XIX/2016 harus memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

’’Gelaran PON 2016 harus mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat. Terlebih, Pengurus Besar PON 2016 Jabar pun telah menargetkan sukses ekonomi sebagai sasaran utama PON selain sukses prestasi, penyelenggaraan, dan administrasi,’’ seru Yunandar. (bbs/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan