Gaji 13 Cair Pertengahan Juli

PALEMBANG – Pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemprov Sumsel tak mendapatkan THR jelang Lebaran nanti. Meski tidak dapat THR, beruntung ada gaji 13. Ada juga tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

’’Gaji 13 akan sangat membantu PNS menghadapi Lebaran dan tahun ajaran baru nanti,’’ kata Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Drs Akhmad Najib SH.

Cairnya gaji 13 sudah dipastikan pertengahan Juli nanti. Namun, belum ditentukan tanggal pastinya. Kabar bahagia itu disampaikan Asisten IV Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel, Joko Imam Santoso, kemarin (12/6). ’’Ini bukan karena jelang Lebaran, tapi jelang tahun ajaran baru,’’ jelasnya.

Gaji 13 tersebut rutin didapatkan PNS Pemprov Sumsel. Manfaatnya tak lain untuk membeli berbagai kebutuhan sekolah anak. ’’Jadi, memang bukan untuk THR Lebaran, kebetulan saja keluarnya di bulan Ramadan,’’ imbuh Joko.

Adanya gaji 13 itu sesuai PP yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo, yakni PP Nomor 28 Tahun 2015 mengatur tentang pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 kepada PNS, anggota TNI/Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan.

Joko menyatakan, besaran gaji 13 tiap PNS berbeda-beda. ’’Tergantung jabatan, golongan, dan kinerja,’’ tukasnya.

Sama halnya dengan TPP, tiap PNS pun berbeda. Tak hanya dilihat dari golongan dan eselon, tapi juga daftar kehadiran pegawai tersebut. (wia/ce4/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan