Gagal SBMPTN Tanpa Foto

COBLONG – Panitia Lokal Bandung Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015 mengatakan, sampai saat ini tercatat 610 Kartu Tanda Peserta yang fotonya tidak tampil.

Pendaftaran-SBMPTN
ISTIMEWA

KARTU PESERTA: Terdapat kendala pada penyelenggaraan SBMPTN tahun ini. Banyak kartu peserta yang tidak mencantumkan foto. Padahal hal itu cukup krusial dalam pelaksanaan ujian tersebut.

’’Bagi peserta Panlok Bandung yang fotonya tidak muncul, diimbau untuk segera melapor ke Sekretariat Panlok Bandung di Labtek V, Kampus ITB dengan membawa soft copy, foto dan Kartu Tanda Peserta,” kata Sekretaris Eksekutif I Panlok Bandung SBMPTN) 2015, Asep Gana Suganda, dalam siaran persnya, kemarin (5/6).

Dia menjelaskan, foto pada Kartu Tanda Peserta bertujuan untuk mengidentifikasi peserta saat pelaksanaan ujian. Bila tidak ada foto, yang bersangkutan terancam gagal ikut ujian yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, Selasa (9/6).

Panitia mengingatkan agar menjaga baik-baik kartu pesertanya. Asep meminta Kartu Tanda Peserta disimpan dalam bentuk ’’hard copy” dan ’’soft copy” demi mengantisipasi masalah-masalah terkait Kartu Tanda Peserta.

Pada ujian tertulis SBMPTN 2015, terdapat beberapa tes yang akan diujikan yakni Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek/Soshum.

Materi yang diujikan pada TKPA terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

TKPA harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN 2015. Pada TKD Saintek, materi yang diujikan terdiri atas Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

Sedangkan pada TKD Soshum, materi yang diujikan yakni Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi. Bagi peserta yang mengikuti kelompok ujian Campuran akan mengikuti TKD Saintek dan juga TKD Soshum.

Asep mengimbau para peserta yang akan mengikuti ujian agar memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan persiapan pada saat mengikuti ujian seperti jadwal, lokasi, kelengkapan, dan sebagainya.

Kartu Tanda Peserta memuat informasi-informasi penting bagi peserta seperti jadwal, kelengkapan, dan lokasi ujian juga memudahkan mereka saat mengikuti ujian (tertulis maupun keterampilan).

Tercatat sebanyak 43.887 peserta akan mengikuti pelaksanaan SBMPTN di Panlok Bandung. (net/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan