FOBI Targetkan Juara Umum

Meski Hanya Cabor Ekspedisi

BANDUNG – Meski hanya dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, cabang olahraga Barongsai bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi Jawa Barat. Menjadi juara umum pada pertandingan cabang olahraga Barongsai menjadi target utama yang dikejar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (Pegprov FOBI) Jawa Barat 2015-2019 Djonny Andhella usai dilantik secara resmi oleh Ketua Umum PB FOBI, Dahlan Iskan, di Sudirman Grand Ballroom, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Selasa (27/1) malam lalu.

”Kita sudah punya pelatih dan wasit untuk persiapan eksebisi PON XIX/2016. Dan tentu saja, sebagai tuan rumah, kita ingin menjadi yang terbaik. Meraih gelar juara umum, meski hanya dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi,” ujar Djonny kepada wartawan.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjutnya, pihaknya akan mendorong pembentukkan kepengurusan FOBI di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat. Setidaknya ada sebanyak 17 kota/kabupaten di Jawa Barat yang sudah diberi mandat untuk membentuk kepengurusan. Diantaranya Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

”Setelah pembentukan pengcab FOBI Kota/Kabupaten, kira akan gelar pertandingan untuk mencari potensi atlet barongsai. Sebelumnya kita sudah pernah lakukan pertandingan, tapi itu baru sebatas klub. Sekarang, kita sudah menjadi cabang olahraga baru dan menjadi bagian dari anggota KONI,” terangnya.

Ketua Umum PB FOBI Dahlan Iskan berharap, olahraga Barongsai terus berkembang sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui KONI. Dirinya pun menyebut jika Jawa Barat, merupakan salah satu kota bersejarah bagi perkembangan cabang olahraga Barongsai.

”Dulu, setahun yang lalu, kita masuk sebagai anggota KONI saat rapat anggota digelar di Kota Bandung. Dan sekarang, kita pun akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XIX di Jawa Barat, meski barus eksebisi. Mudah-mudahan di tahun 2020, kita menjadi cabang olahraga resmi PON,” tegas Dahlan.

Tak hanya itu, lanjutnya, pihaknya pun memberikan apresiasi terhadap kepengurusan FOBI Jabar 2015-2019 yang baru saja dilantik. Pasalnya, Jabar menjadi salah satu kekuatan cabang olahraga Barongsai di Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan