FIFGROUP Dorong Prestasi Atlet Renang

BANDUNG – Cabang olahraga renang di Indonesia pernah Berjaya di kawasan Asia Tenggara era 1990-an. Sayangnya, era kejayaan kian pudar. Banyak yang mengatakan bahwa prestasi renang yang meredup ini akibat beberapa faktor. Di antaranya, terbatasnya atlet penerus, dan jarang diadakan kejuaraan, kompetisi atau bahkan pendidikan khusus di sekolah-sekolah.

Menyikapi itu, FIFGROUP mendorong pencarian bibit-bibit atlet renang berkualitas dengan ikut mendukung penyelenggaraan Kejuaraan Renang antar Pelajar se-Jawa Barat . FIFGROUP menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk hadiah para juara renang tersebut.

”FIFGROUP memiliki empat pilar CSR, yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Kompetisi renang ini sebagai salah satu pilar pendidikan,” ujar External Relation Head Corporate Communication FIFGROUP Arif Reza Fahlepi kepada Bandung Ekspres usai membuka Kejuaraan Renang antar Pelajar se-Jawa Barat di kampus Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jala Setiabhudi, kemarin (29/8).

Reza meyakini kejuaraan renang ini bisa menjaring atlet unggulan masa depan. Pasalnya, dalam kompetisi ini memakai venue enang standar internasional.

”Saya lihat banyak potensi yang harus terus menerus dibina. Anak TK saja suah mampu melewati lintasan untuk orang dewasa standar internasional. Jika mereka terus dibina, saya yakin ke depan Indonesia akan bisa Berjaya di cabor renang baik dalam olimpiade ataupun SEA Games” ujar Reza.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melalui staf ahli bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat Enjang Nafandi mengakatan pemprov sangat mengapreasiasi turnamen ini. Menurut dia, kemampuan dan mental atlet bisa semakin terasah untuk mengikuti kejuaraan yang lebih besar baik skala regional, nasional hingga internasional.

”Olahraga bukan saja dipandang sebagai prestasi melainkan sebagai modal besar pembentukan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan kompetitif,” ujar dia.

Dia mengatakan, pembinaan cabor renang harus terus ditingkatkan. Oleh karenanya, kejuaraan ini menjadi kesempatan dan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana prestasi yang dapat diraih oleh para atletnya. (fik)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan