FAGI Desak Wali Kota

Supaya Lakukan Rotasi Kepala Sekolah

ROTASI KEPSEK
GENERASI PENERUS: Sejumlah Siswa memerhatikan materi yang di paparkan di kelas X IPS di SMAN 26 Bandung, Jalan Sukaluyu, Kota Bandung. Sementara itu, FAGI mendesak Wali Kota Bandung supaya melakukan rotasi kepala sekolah.

BANDUNG – Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) mendesak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk segera melakukan periodisasi masa tugas kepala sekolah. Pasalnya, banyak kepala sekolah yang sudah habis masa jabatannya. Namun, masih menjabat sebagai kepala sekolah.

Ketua FAGI Kota Bandung Iwan Hermawan mengatakan, periodisasi masa tugas kepala sekolah di Kota Bandung sudah ada ketentuannya. Yakni, didasarkan pada peraturan wali kota (Perwal) nomor 157 tahun 2011 mengenai masa tugas kepala sekolah satu periode. Yaitu, selama empat tahun.

Namun, FAGI menemukan bahwa di lapangan ada beberapa kepala sekolah yang sudah habis masa tugasnya. Tapi tetap menjabat karena diberi surat Pelaksana Tugas (Plt) oleh wali kota. ’’Bahkan, ada yang sudah dua tahun habis masa tugasnya,’’ kata Iwan kepada Bandung Ekspres belum lama ini.

Iwan mengatakan, bagi kepala sekolah yang berprestasi,tentu ada keistimewaan. Terutama, jika bisa mengangkat prestasi sekolahnya. Yakni, jabatan bisa diperpanjang sampai dua periode. Namun, dia menyatakan, jika dalam satu periode tidak menunjukan prestasi, lebih baik diberhentikan saja.

’’Atau misalnya banyak laporan keluhan dari orangtua siswa mengenai laporan penggunaan keuangan yang tidak transparan. Ya lebih baik diberhentikan saja,’’ tandasnya.

Selain itu, beberapa sekolah di Kota Bandung juga mengalami kekosongan posisi kepala sekolah. Namun, Pemkot Bandung belum memberikan kesempatan kepada guru-guru yang sudah mendapatkan sertifikat lulus kepala sekolah dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah, Karang Anyar, Surakarta untuk menjabat sebagai kepala sekolah.

’’Mereka belum bisa ditempatkan. Bahkan, ada yang sampai sudah kadaluarsa (sertifikat), karena usia,’’ ungkap dia.

Apabila ada rotasi di posisi kepala sekolah, Iwan berharap agar para kepala sekolah ini bisa memperbaiki kualitas sekolah-sekolah yang selama ini kurang berprestasi. Terlebih, bisa mengangkat kualitas sekolah di pinggiran. ’’Supaya kualitas sekolah di Kota Bandung jadi merata,’’ terang dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan