Evaluasi Kontingen di Popnas XIII

[tie_list type=”minus”]Menuju Jabar Kahiji[/tie_list]

BANDUNG – Pencapaian kontingen Jawa Barat, untuk bisa memenuhi target menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 terus diusahakan. Salah satunya adalah melalui evaluasi atas hasil yang diraih oleh masing-masing cabang olahraga baik yang telah selesai ataupun yang baru melaksanakan pertandingan pada ajang olahraga multieven dua tahunan antar pelajar terbesar di Indonesia.

Ketua Kontingen Jawa Barat, Ferry Soeparman kepada Bandung Ekspres mengatakan, Hingga saat ini Jabar masih di urutan kedua, sedangkan pimpinan klasemen sementara masih DKI Jakarta.

”Tapi masih banyak waktu, masih ada beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan, dan mudah-mudahan bisa mempersempit jarak dengan DKI,” katanya ditemui di Komplek Sarana Olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, kemarin (15/9).

Lanjut Ferry, beberapa cabang olahraga unggulan seperti taekwondo, bola voli indoor dan voli pasir, bulu tangkis, dan cabor lainnya masih menjadi harapan bagi Jabar untuk bisa menambah pundi-pundi perolehan medali.

”Kita akan evaluasi, Insya Allah malam ini pertanggungjawaban masing-masing cabor. Mereka akan kumpul, supaya dengan adanya waktu dan hasil dari evaluasi ini ada perbaikan,” ucapnya.

Dia mengaku optimistis Jabar bakal bisa menyalip posisi DKI Jakarta sebagai juara bertahan Popnas. Even olahraga pelajar terbesar menjadi momen yang sangat baik karena selama penyelenggaraan Popnas Jabar belum pernah meraih gelar juara umum.

”Saat kita menjadi tuan rumah Popnas tahun 1993 lalu juga hanya bisa menjadi runner up. Maka momen ini tidak ada lagi dan jangan sampai disia-siakan,” tuturnya.

Pada Popnas Jawa Barat ini mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga. Baik olah raga terukur, maupun non terukur. Ke-20 cabang olahraga ini adalah angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, bulu tangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, tekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan tinju.

Untuk jumlah mendali yang diperebutkan pada even dua tahunan ini juga mencapai 944 medali yang terdiri dari 274 medali emas, 274 medali perak, dan 396 medali perunggu. Jabar sendiri ditargetkan harus meraih gelar juara umum dengan minimal target raihan medali 20 persen dari total raihan medali. Serta, even ini diikuti 34 kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia dengan Jumlah peserta 5.300 orang yang terdiri dari 4.441 atlet, 538 pelatih, dan 321 offisial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan