Donasi untuk PMI Sekarang Bisa di Alfamart

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginanjar Kartasasmita dan Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menandatangani nota kesepahaman terkait program Donasi-Ku Bebas dan Donasi-Ku Belanja, di Kantor PMI Pusat, belum lama ini.

launching-donasiku-bebas
JALIN MoU: Corporate Affairs Director Alfamart Solihin (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Umum PMI Ginanjar Kartasasmita usai penandatanganan kerja sama, belum lama ini.

Nota kesepahaman ini menjelaskan kerja sama antara PMI dengan Alfamart, dimana PMI dipercaya sebagai yayasan penyalur donasi konsumen Alfamart yang dihimpun selama periode donasi tertentu. Kerja sama dengan PMI melalui Donasi-Ku Bebas berlangsung mulai 16 April sampai dengan 31 Desember 2015, sedangkan Donasi-Ku Belanja berlangsung selama bulan November 2015.

Ginanjar Kartasasmita di sela acara mengatakan, donasi konsumen Alfamart tersebut akan disalurkan untuk beragam aksi kemanusiaan yang dijalankan PMI, khususnya bagi korban bencana di seluruh tanah air.

Kegiatan kemanusiaan yang difasilitasi oleh pengusaha semacam ini, kata dia, juga patut diapresiasi. ”Kami percaya masyarakat ingin turut berkontribusi dalam membantu sesama berapapun nominalnya. Harapannya, melalui program ini aksesnya menjadi semakin mudah,” imbuhnya.

Solihin menambahkan, melalui Donasi-Ku Bebas masyarakat yang ingin berdonasi dapat langsung datang ke toko Alfamart terdekat, tanpa perlu berbelanja dahulu. Selain itu, masyarakat juga bebas memilih yayasan penerima bantuan serta menentukan nilai donasinya.

”Berbeda dengan Donasi-Ku Belanja, sumbernya berasal dari sebagian uang kembalian konsumen saat transaksi belanja. Pada setiap transaksi Donasi-Ku Bebas maupun Donasi-Ku Belanja, kasir akan memberikan struk sebagai bukti donasi kepada konsumen,” pungkasnya.

Tahun ini, Donasi-Ku Bebas dan Donasi-Ku Belanja Alfamart yang akan disalurkan pada PMI ditargetkan bisa terhimpun sedikitnya Rp 2,5 miliar. (rls/fik)

Tinggalkan Balasan