Dipercaya Salurkan Tunjangan Guru

[tie_list type=”minus”]Kemdikbud-bjb Tekan MoU Kerja Sama[/tie_list]

JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank bjb) memfasilitas 400 ribu lebih guru mulai dari guru pendidikan anak usia dini (Paud), pendidikan masyrakat dan guru pendidikan menegah dengan memberikan pelayanan jasa perbankan. Kepala Diroktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan Sumarna Surapranata mengatakan, konsep kerja sama ini sebetulnya telah berjalan sejak 2011 lalu. Yakni sebagai jembatan dalam menyalurkan tunjangan kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

”Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidik melakukan kerja sama ini semata-mata ingin mempermudah dalam menyalurkan berbagai tunjangan melalui bank untuk para guru,” jelas Sumarna ketika ditemui usai MOU Dirjen Guru dan Tenaga Pendidik dengan Bank bjb di kantor Kementrian Pendidikan, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, kemarin (27/7)

Menurutnya, dalam penyaluran tunjangan untuk para guru ada berbagai jenis. Di antaranya tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tujngan fungsional serta disalurkan juga bantuaan peningkatan kualikasi.

Sumarna menegaskan, dalam MoU ini Bank bjb hanya memberikan pelayanan dengan tujuan memberikan kemudahan dalam penyaluran tunjangan dengan mutual respect (saling percaya). Nasabah tidak dikenakan potongan biaya apapun, malah Bank bjb memberikan benefit positif bagi guru.

”Ke depan nantinya akan ada bentuk penghargaan lainnya dari bjb untuk guru-guru yang berprestasi,” ucap dia.

Sumarna menyebutkan, saat ini jumlah guru di Indonesia sebanyak 3,150 juta orang. Sedangkan pemberian tunjangan untuk guru seluruh Indonesia mencapai Rp 70,6 triliun.

”Jadi penyalurannya harus lancar dan kita membutuhkan fasilitas bank-bank nasional seperti Bank bjb,” ujar Sumarna.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank bjb Muhammad Irfan mengatakan, sebagai bank yang masuk dalam 15 besar di Indonesia, Bank bjb memiliki komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknnya. Terlebih untuk para guru yang telah memberikan dedikasinya untuk bangsa ini.

Irfan mengatakan, Pada 2015, Bank bjb memperoleh laba bersih pada semester 1 sebesar Rp 582 miliar. Sedangkan aset secara konsolidasi mencapai Rp 2,8 triliun.

Untuk itu, dirinya berharap dengan kerja sama ini bisa ditingkatkan kembali, mengingat jumlah guru di Jabar dan Banten saat ini sangat banyak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan