Dede Manusia Akar Bakal Jalani Operasi

PASTEUR – Dede Koswara, 46, ’manusia akar’ kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur Kota Bandung. Dede kembali dirawat sejak Sabtu (26/9) lalu.

Dede Manusia Akar
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES
SENTUHAN MEDIS: Perawat memantau kondisi pasien Dede ‘manusia akar’ yang kembali masuk ruang perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung, Selasa (29/9).

Direktur RSHS Dr Ayi Djembarsari Mars mengatakan, rumah sakit kembali merawat pasien istimewa laki-laki berusia 46 tahun itu. Sebetulnya, kata Ayi, Dede sudah berkali-kali dirawat di RSHS.

’’Dede kini dirawat di Gedung Kemuning lantai 5. RSHS membuat tim khusus untuk menangani warga Kabupaten Bandung Barat ini,’’ kata Ayi saat mengadakan Konfrensi Pers di Aula RSHS Selasa (29/09) kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Dr Oki Suarsa, ketua Tim Dokter Penanganan Dede mengungkapkan, masih melakukan observasi kepada pasien. Kemudian, melakukan pemeriksaan baik itu darah, rontgen, USG dan lain-lain. Bertujuan menilai kondisi keseluruhan yang memang dipersiapkan untuk memungkinkan pasien harus kembali dioperasi.

Lebih lanjut Oki menegaskan, sejak terakhir operasi tahun 2011 lalu, RSHS sebenarnya seringkali melakukan kunjungan ke rumah pasien untuk mengecek kondisinya. Bahkan, sekitar enam bulan lalu, RSHS sudah melakukan kunjungan ke rumah Dede. Dokter yang memeriksa pasien sudah sempat menanyakan apa mau dirawat atau tidak. Namun memang, tidak mudah untuk memutuskan itu. Apalagi pasien sudah berkali-kali dirawat. Sepanjang November 2007 hingga 2009 Dede juga sudah menjalani operasi sekitar sembilan kali.

’’Dede terserang Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyebabkan infeksi dan mengakibatkan tumbuhnya kutil kecil di atas luka pada lutut. Herannya, kutil-kutil itu terus berkembang dan mengeras di tubuh Dede lalu mirip kulit kayu,’’ tegas Oki. (mgdn/hen)

Tinggalkan Balasan