DBD Mengintai saat Musim Hujan

bandungkespres.co.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengimbau kepada masyarakat, menjaga kesehatan di musim penghujan seperti sekarang. Pasalnya, banyak penyakit yang bisa menyerang kapan saja.
Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi dr Fitriani Manam menjelaskan, banjir kerap terjadi saat musim hujan, sehingga membuat air bersih kita tercemar. Tidah hanya itu, udara seperti sekarang mudah membuat daya tahan tubuh menurun.
Kemudian, menurut dia, air minum harus diolah dengan baik agar bakteri dalam air benar-benar mati. Ditambah, dengan udara yang dingin, masyarakat diharapkan dapat melindungi tubuhnya. ’’Di musim penghujan ini masyarakat harus lebih waspada akan penyakit yang mudah muncul seperti flu, batuk, diare, penyakit kulit dan yang lebih harus diwaspadai adalah demam berdarah dengue (DBD),’’ ungkap dia.
Sebab, penyakit DBD biasanya berasal dari genangan air sisa hujan. Sebagai tempat tumbuhnya jentik nyamuk yang berkembang menjadi penyakit. Seperti diketahui, kasus DBD tahun ini lebih tinggi dari tahu lalu. Kasus kematian karena DBD pun meningkat. Kenaikan ini biasanya terjadi sesuai pola lima tahunan. Namun, untuk saat ini cuaca sudah anomali sehingga tidak bisa terdeteksi lagi. Karena itu, hampir tiap tahun penyakit DBD muncul. Mengingat juga Kota Cimahi termasuk daerah endemis.
Dia menambahkan, masyarakat diharapkan dapat melakukan pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit. Sadar akan kesehatan perlu ditingkatkan kembali dengan gerakan pemberantasan jentik nyamuk. ’’Hal ini perlu didukung oleh Pemerintah Kota Cimahi,’’ terang dia. (mgc1/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan