Cold-Brew Bisa Disajikan dengan French Press

BAGI banyak orang, rasa kopi cold-brew lebih enak daripada metode es kopi biasa, karena kopi cold-brew ini dapat menghasilkan kopi yang lebih pekat. Nah, supaya cara bikin kopi cold-brew di rumah juga lebih variatif, kamu harus tahu cara bikin cold brew coffee di rumah dengan french press! Sebelum membuat kamu harus persiapkan dulu alat dan bahannya yakni biji kopi, french press, timbangan, grinder

Berikut langkah-langkah untuk membuat kopi cold-brew dengan french press. Terlebih dahulu, timbang dan giling biji kopi biasanya, kopi cold-brew menggunakan perbandingan 7:1. Artinya untuk 1 liter kopi cold-brew butuh sekitar 140 gram kopi.

Kalau mau buat setengah liter, giling 70 gram kopi, dan seberapa pun jumlahnya tinggal kita sesuaikan saja. Tambahkan air kalau sudah ditimbang, selanjutnya masukkan ke dalam french press. Setelah itu tuang, 500 ml air yang suhunya sesuai dengan suhu ruangan di saat kita buat kopi cold-brew. Aduk Selanjutnya, aduk merata. Pastikan semua bubuk kopi tenggelam dan nggak ada endapan yang mengering. Diamkan Ini bagian utama dalam membuat cold brew coffee, menunggu. Kopi harus dibiarkan 12 jam untuk menghasilkan ekstraksi kopi yang pekat. Tetapi, untuk mempersingkat waktu, Kamu juga bisa masukkan kopi cold-brew ke dalam kulkas. Pastikan kopi cold-brew yang sedang kamu siapkan dalam keadaan tertutup, tapi jangan sampai tutup french press-nya terlalu menekan ke bawah. Tekan dan tuang. Dalam proses ini kamu perlu berhati-hati saat menekan plunger pada french press, agar endapan bubuk kopi tidak terangkat ke atas ketika ditekan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, saat menuang ke gelas kamu bisa gunakan coffee filter dulu untuk menyaring endapan bubuk kopi yang terbawa. Minum dan nikmati Akhirnya, kopi cold-brew yang telah melewati proses panjang, siap dinikmati. (net/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan