Cimahi Raih Adipura Kelima

KERJASAMA: Wali Kota Cimahi Atty Suharti dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sedang rapat terkait TPA Sarimukti, belum lama ini. Kota Cimahi dan Kota Bandung pada tahun ini dipastikan mendapat Anugerah Adipura.

 

bandungekspres.co.id– Walikota Cimahi Atty Suharti dijadwalkan akan menerima Penghargaan Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada 2015, untuk kategori Kota Sedang. Kepastian diperolehnya Piala Adipura tersebut setelah diterimanya Undangan Penyerahan Anugerah Adipura kepada Pemkot Cimahi.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi Hj. Sri Nurul Handayani melalui Kepala Bidang Kebersihan Ade Ruchiyat membenarkan hal ini. Baginya, penghargaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi warga Kota Cimahi. ”Kami telah menerima surat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk menerima Piala Anugerah Adipura tersebut, yang akan diberikan pada Senin malam di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta,” sebutnya.

Anugerah Adipura ini kata Ade, merupakan yang kelima kalinya diterima oleh Kota Cimahi dalam bidang kebersihan lingkungan perkotaan. Namun, Anugerah Adipura ini bukanlah tujuan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota Cimahi, tetapi lebih kapada motivasi bagi Pemerintah dan warga Kota Cimahi dalam menjaga kebersihan lingkungan. ”Kami juga sangat berterimakasih kepada warga Kota Cimahi yang sudah bersama-sama untuk menjaga kebersihan kota, mudah-mudahan saja ini akan lebih memotivasi lagi warga kota untuk meningkatkan budaya bersih dan sehat,” katanya.

Dijelaskannya, salah satu poin keberhasilan Kota Cimahi dalam Anugerah Adipura tahun ini adalah kontribusi yang nyata dari pengelolaan Bank Induk Sampah (Samici). Berkat adanya Bank Induk Sampah tersebut, maka volume sampah yang dibuang menjadi menurun, karena sebelum membuang sampahnya, warga melakukan pemilahan sampah yang bernilai ekonomis, sehingga sampah yang dibuang ke TPA adalah yang benar-benar tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Seperti diketahui, Piala Adipura tahun 2015 dibagi dalam 4 kategori, yakni kota peraih anugerah Adipura Kencana. Piala ini diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance. Ada tiga kota meraih piala ini. Selanjutnya kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan