Cimahi Kembali Raih WTP

CIMAHI – Untuk kali kedua Pemerintah Kota Cimahi meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sebelumnya, prestasi yang sama diraih Kota Cimahi pada 2014 lalu.

Cimahi_LHP
ISTIMEWAPENYERAHAN : Wali Kota Cimahi Atty Suharti menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI, di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, kemarin.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengaku, bersyukur atas keberhasilan Kota Cimahi meraih WTP untuk kedua kalinya. ”Hasil ini diraih dengan kerja keras dari semua pihak eksekutif, legistatif dan bimbingan dari BPK. Sehingga Kota Cimahi berhasil menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku,” ungkap Atty usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI, di Kantor Perwakilan BPK RI Jawa Barat, kemarin (31/5).
Dikatakan Atty, diperolehnya opini WTP dalam rangka mewujudkan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan di lingkungan pemerintah Kota Cimahi. Lebih dari itu, kata dia, perwujudan akuntabilitas itu merupakan salah satu cara kami dalam menjaga amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Kota Cimahi. ”Semoga Kota Cimahi dapat mengemban amanah melalui pemberian opini WTP ini. Harapannya, dapat terus memperbaiki kinerja laporan keuangannya sekaligus menjadi role model bagi daerah-daerah lainnya,” lanjut Atty.
Menurut dia, pemerintah Kota Cimahi akan tetap berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran warga. ”Sebagai perwujudan nyata, mulai tahun anggaran 2014 ini dan ke depannya, Pemerintah Kota Cimahi telah berupaya seoptimal mungkin dengan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang nomor 71 tahun 2010,” tandasnya.
”Sehingga pengelolaan keuangan akan lebih akuntabel melalui penerapan sistem akuntansi pemerintahan berbasis akrual,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Ir Cornel Syarif mengatakan, laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Cimahi mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini prestasi kedua secara berturut-turut sejak 2014 lalu. Di mana LKPD Pemkot Cimahi tahun Anggaran 2013 juga dinyatakan WTP. (mgc1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan