Cileunyi Wakili Tingkat Nasional

CILEUNYI – Tingginya perhatian masyarakat terhadap isu-isu kesehatan berdampak terhadap minimnya penyebaran penyakit endemis. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian Kecamatan Cileunyi sebagai wakil Kabupaten Bandung dalam penilaian kabupaten/kota sehat tingkat nasional.

”Di Cileunyi sudah terbentuk kebiasaan juru pemantau jentik (jumantik). Jadi untuk DBD sudah sangat minim kejadian,” ungkap Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) Kurnia Agustina kemarin (20/9).

Ditambahkan Nia, panggilan akrab Kurnia, sangat terbantu atas respon kecamatan-kecamatan yang membantu program kabupaten bandung sehat. Khusus Kecamatan Cileunyi, kata dia dia, seluruh elemen masyarakat sudah sejak lama bergabung dalam Forum Kecamatan Siaga Sehat (FKSS). Oleh karena itu, setiap ada program dan isu kesehatan langsung ditanggapi dengan serius.

”Termasuk upaya kesehatan keliling (kesling) pemberdayaan posyandu, ditambah para kader yang sangat aktif di lapangan, membantu meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” jelas Nia.

Dengan keberhasilan ini, lanjut dia, juri dari pemerintah pusat mengunjungi Kecamatan Cilenyi untuk meninjau sekolah sehat, rumah makan sehat dan desa siaga sehat.Para juri, kata Nia,menilai sarana dan prasarana sehat dan masyarakat sehat mandiri sudah berjalan dengan baik di Cileunyi sejak lama. ”Memang Ini berupa penilaian. Tapi kalau sudah bisa melewati ini kita bisa masuk kategori kabupaten/kota sehat,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Bandung, Dadang M Naser sangat mengapresiasi kinerja FKSS, termasuk pemerintah Kecamatan Cileunyi. ”Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung tertinggi diantara kabupaten-kabupaten di Jawa Barat. Dan Cileunyi, merupakan kecamatan dengan IPM tertinggi di Kabupaten Bandung,” ungkap Dadang.

Dadang berjanji akan secepatnya menyelesaikan sisa 20 persen infrastruktur di Kecamatan Cileunyi yang masih kurang. Apalagi, sebagai daerah perbatasan, Cileunyi telah menjadi show window Kabupaten Bandung kepada masyarakat luar. (mg15/rie)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan