Calon Wasit TI Dididik

bandungekspres.co.id– Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Bekasi berupaya melakukan pembenahan di berbagai sektor, termasuk penguatan di bidang perwasitan. Sedikitnya 20 calon wasit taekwondo mengikuti serangkaian diklat yang berlangsung di GOR Tambun Selatan.

Sekretaris TI Kabupaten Bekasi, Saiful menjelaskan, sektor wasit merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah perkembangan olah raga. Pendidikan dan pelatihan wasit yang di selenggarakan menurutnya bagian dari titik peningkatan kualitas dalam internal TI Kabupaten Bekasi.

”Pelaksanaannya berakhir dengan munculnya 20 wasit taekwondo asli Kabupaten Bekasi. Diklat ini merupakan salah satu rangkai menuju kemajuan taekwondo Kabupaten Bekasi,” ujar Saiful saat ditemui Radar Bekasi (grup Bandung Ekspres) belum lama ini.

Pemicu terselenggaranya pendidikan dan pelatihan wasit ini karena selama setiap perhelatan kejuaraan cabang TI Kabupaten selalu menyewa wasit dari luar daerah. Menurutnya, munculnya wasit baru ini mampu meminimalisir kebutuhan wasit dari daerah.

Saiful menambahkan, meski selama ini selalu bekerjasama dengan wasit dari luar, bukan berarti pihaknya merasa tenang. Setelah menimbang berbagai hal, kata dia, program diklat wasit ternyata memang sangat penting. Karena pengcab merasa kurang puas dengan wasit daerah lain dan ingin memanfaatkan sumber daya manusia yang ada.

”Jika pemberdayaan wasit bagus dan berprestasi, jelas ke depannya akan ada peningkatan pembinaan,” ujarnya.

Saat ini, TI Kabupaten Bekasi baru memiliki tujuh wasit tingkat daerah, enam wasit nasional, satu wasit internasional, dan terakhir 20 wasit cabang. Menurutnya, jumlah tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan pengcab. ”Yang terpenting ke depannya wasit Kabupaten Bekasi harus bisa menunjukan kualitasnya,” tandas dia. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan