Buffon dan Si Telinga Besar

DALAM 20 tahun karirinya Gianlugi Buffon masih penasaran dengan -Grandes Oreilles atau Si Telinga Besar. Ya, tropi Liga Champions adalah satu-satunya gelar yang belum dimenangi Gigi.

Dua kali Juventus masuk final, musim 2002/2003 dan 2014/2015, portiere 37 tahun itu selalu gagal. Pada kesempatan yang pertama, Gigi dkk dikalahkan AC Milan dalam adu penalti dengan skor 2-3 di Old Trafford.

Kemudian pada kesempatan kedua, Juni lalu, La Vecchia Signora, julukan Juventus, digebuk Barcelona di Olimpia Stadion Berlin dengan skor 3-1.

Seperti diberitakan UEFA, Gigi berkata masih belum putus asa mewujudkan mimpi untuk mengangkat Si Kuping Besar. Gigi pun belum berniat akan pensiun dalam waktu dekat.

”Siapa tahu dua atau tiga tahun ke depan Juventus berkesempatan menjuarai Liga Champions. Atau malahan ketika saya menjadi pelatih baru menjuarainya? Kita tak pernah tahu,” ucap mantan pemain Parma tersebut.

Gigi sendiri tak mau tenggelam terlalu dalam soal kesempatan menjuarai Liga Champions. Kapten Juventus dan Italia itu menyebutkan masih banyak pemain yang tak selengkap dia dalam pencapaian gelar.

”Yang terpenting adalah totalitas di lapangan dalam memberikan segalanya. Fokus dan kerja keras saya kira adalah hal penting jika kita ingin keluar sebagai pemenang,” tutur Gigi.

Sebenarnya ada banyak pemain hebat, yang bahkan sampai akhir karirnya tak memenangi gelar Liga Champions. Misalnya Zlatan Ibrahimovic. Ibra, sapaan Zlatan Ibrahimovic, yang berpindah-pindah klub sebelum menetap di Paris Saint German (PSG) sejak 2012 lalu tak memenangi gelar.

Beberapa rekan setim Gigi di Juventus pada periode-periode sebelumnya, seperti Pavel Nedved, Lilian Thuram, dan Fabio Cannavaro juga termasuk barisan pemain top yang belum pernah memegang Si Telinga Besar.

Beberapa rekan dan kolega pun mendoakan Gigi bisa melengkapi gelarnya dengan menjauarai Liga Champions. Misalnya dari mentornya sekaligus legenda Italia Dino Zoff.

”Setelah kekalahan dari Barcelona musim panas lalu, saya berdoa setelah ini Buffon segera mendapatkan kesempatan lagi untuk mencicipi tropi Liga Champions,” tutur Zoff seperti dikutip dari Gazzeta World.

Kiper Porto sekaligus mantan kiper Real Madrid Iker Casillas mengatakan Buffon adalah kiper terbaik dalam dua dekade terakhir. Casillas secara jujur mengakui kalau Buffon adalah patronnya di lapangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan