Buang Peluang Menang

[tie_list type=”minus”]Argentina 2 v Paraguay 2 [/tie_list]

LA SERENA – Argentina melanjutkan “penyakit” lamanya di Copa America 2011. Start kurang bagus kembali dibukukan La Albiceleste dalam laga pembuka melawan Paraguay di Estadio La Portada, La Serena, Minggu pagi kemarin WIB (14/6). Argentina ditahan 2-2 oleh Paraguay.

Lionel Messi
Lionel Messi

Padahal, dengan memainkan skuat full bintang-bintang terbaiknya, Argentina seharusnya bisa mendapatkan hasil maksimal. Apalagi, ketika menilik impresifnya penampilan skuad asuhan Gerardo ”Tata” Martino itu sepanjang babak pertama yang tampil menggila lewat 75 persen penguasaan bola dan 7 shots on goal berbanding nol!

Nyatanya, hanya dengan bermodalkan wejangan di dressing room pada jeda babak kedua, Paraguay mampu membalikkan performa apik Argentina tersebut. Padahal, sebelum jeda babak pertama, Argentina sudah lebih dulu leading dari gol Sergio Aguero pada menit 29 plus eksekusi penalti Lionel Messi tujuh menit kemudian.

”Ramon (Diaz, pelatih Argentina, Red) berkata kepada kami, jangan panik, masih ada kans di babak kedua. Pada babak kedua kami sudah yakin bisa menyulitkan Argentina,” ujar pemain gaek Paraguay, Roqie Santa Cruz, sebagaimana dikutip dari situs resmi Copa America.

Benar saja. Los Guaranies — julukan Paraguay— seakan mengubah Argentina jadi tidak berkutik. Perubahan yang dilakukan Diaz adalah dengan cara memaksimalkan sisi kanan dan kiri lini serangnya untuk menusuk pertahanan Argentina. Sebaliknya, di sisi tengah, trio Richard Ortiz, Victor Caceres dan Nestor Ortigoza meredam serangan Argentina.

Statistik Whoscored menunjukkan sisi sayap kiri Paraguay yang diisi Nelson Valdez-lah yang paling dominant. Persentasenya bisa mencapai 40 persen. Dari Valdez jugalah gol pertama Paraguay hadir pada menit ke-60, dan kemudian diakhiri Lucas Barrios di menit 90.

Bomber berusia 33 tahun tersebut menganggap faktor luck juga ada di balik satu angka ini. ”Kami beruntung bisa mendapatkan dua kali keberuntungan, mulai dari membuat skor menjadi 1-2, lalu pada akhirnya menyamakan kedudukan di menit akhir. Ini hasil spesial bagi kami,” tuturnya.

Paraguay punya kans menyegel tiket ke perempat final apabila mampu mengalahkan Jamaika pada laga kedua Grup B. Rabu pagi mendatang (17/6). Sebaliknya, Argentina harus menjalani laga berat menghadapi juara bertahan Uruguay. Kemarin, Uruguay bisa mengalahkan Jamaika 1-0 lewat gol Cristian Rodriguez pada menit ke-51.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan