Bisnis Salon Tumbuh 15 Persen

SURABAYA – Bisnis salon kecantikan tak akan lekang oleh waktu. Bahkan, kecenderungannya terus mengalami pertumbuhan seiring dengan kesadaran masyarakat akan penampilan dan bagian dari gaya hidup masyarakat modern yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Bisnis Salon
IstimewaSANTAI: Aktivitas manicure-pedicure di salah satu salon kecantikan yang menjadi salah satu pilihan perawatan dari pelanggannya.

’’Bisnis di bidang ini (salon kecantikan) dari tahun ke tahun terus tumbuh. Pertumbuhan nomor satu masih Jakarta, disusul Kota Surabaya,’’ kata Rudy Hadisuwarno, pakar kecantikan sekaligus ketua II Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma, seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup Bandung Ekspres), Rabu (20/5).

Menurut Rudy, salon kecantikan tidak hanya hadir di hotel-hotel, pusat perbelanjaan, dan ruko-ruko ternama, namun juga tersebar hampir menyeluruh hingga di dekat pasar tradisional dan area perumahan. ’’Kami perkirakan, tahun ini ada pertumbuhan bisnis salon sekitar 15 persen,’’ terangnya.

Dia memaparkan bahwa rata-rata pelaku bisnis salon kecantikan adalah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk memenuhi perkembangan zaman, menurut dia, para pelaku industri salon kecantikan harus selalu meng-upgrade informasi dan teknologi di dunia kecantikan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Surabaya, Jawa Timur Widodo Suryantoro menambahkan bahwa bisnis jasa di Surabaya berkembang cukup pesat.

Kini jumlahnya sudah mencapai 325 usaha. Sebanyak 225 di antaranya adalah bisnis jasa salon dan produk kecantikan. (rud/awa/jay/far)

Tinggalkan Balasan