Bergerak Demi Kota Sehat

KOTA Bandung ikut serta dalam lomba Kabupaten-Kota Sehat Tingkat Nasional 2015. Atas partisipasi ini, Tim Verifikasi Penilaian Kabupaten Kota Sehat Tingkat Pusat berkunjung ke Pendopo. Tim diterima langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Forum Peduli Bandung Sehat (FPBS), Atalia Kamil serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil menyebut bahwa ada tiga unsur dalam indeks pembangunan manusia, yakni pendidikan, kesehatan dan dan daya beli atau ekonomi. Dalam unsur kesehatan, Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung berkomitmen dan berupaya memberikan akses dan pelayanan yang nyaman bagi warga Bandung. Salah satunya melalui pelayanan masyarakat Puskesmas 24 Jam.

’’Kami terus bergerak. Sekarang sudah punya Puskesmas 24 jam,’’ ujar dia (7/9).

Program lainnya yang beirisan dengan kesehatan adalah program unggulan yang mendapat penghargaan nasional. yaitu program penurunan ibu dan anak yang bernama Katresna Sadaya. Program ini mendampingi ibu hamil di Kota Bandung. ’’Pak RW didampingi tim dari Dinkes mendampingi dan memastikan ibu hamil hingga melahirkan,’’ katanya.

Dia menambahkan, rencananya Pemkot akan membesarkan volume Katresna hingga terus angkanya turun. Supaya, angka kematian ibu dan anak akan menurun dengan ikatan sosial.

Pemkot Bandung juga memiliki program kesehatan yang sifatnya evolutif. Seperti, One Day No Rice di hari Senin, untuk mengurangi konsumsi nasi dan untuk mengurangi diabetes. Selasa Tanpa Rokok, yang sudah dilakukan di salah satu RW di kecamatan Buah Batu. Selain itu ada Jumat Bersepada. Kombinasi dari preventif dan kuratif tersebut adalah inovasi yang telah terwujud di Kota Bandung.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Kota Tingkat Nasional Dedi Mulyana mengatakan, ada 21 Provinsi yang mengikuti lomba kabupaten kota sehat. Yang membanggakan dari 34 provinsi ada 21 provinsi yang potensial. Salah satunya adalah Jawa Barat. ’’Dan Jawa Barat identik dengan Bandung,’’ tandas Dedi.

Sebelumnya pada tahun 2014, Kota Bandung juga mendapat predikat Kota Sehat Kategori Swasti Saba Padapa (2 tatanan wajib) Provinsi Jawa Barat tahun 2014. Predikat ini diberikan oleh Provinsi Jawa Barat dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial. ’’Saya atas nama Pemerintah Kota Bandung berterimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh warga Kota Bandung yang telah berupaya menciptakan Kota Bandung sebagai kota yang sehat sehingga mendapatkan dari Provinsi Jawa Barat,’’ ucapnya saat itu.

Tinggalkan Balasan