Berdayakan Ayam Serama

PADALARANG – Ayam Serama menjadi hewan unggas yang sedang diberdayakan. Buktinya, terdapat komunitas Ayam Serama di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Komunitas ini baru berdiri pada 2 Januari 2015 lalu, dan baru diresmikan pada 25 januari 2015. Komunitas ini diberi nama Serama Pasundan Community (SPC).

SPC diketuai Nugraha Anggadi, biasa dipanggil Nunu. Saat ini, SPC beranggotakan 26 anggota. Visi didirikan SPC adalah untuk mewadahi hobi untuk memelihara Serama di Jawa Barat, terutama di KBB.

”Bang Nunu sendiri telah sering mengikut komunitas Serama di mana saja. Akan tetapi, dirinya merasa tidak nyaman,” Ujar Robby Trimaulana, salah satu anggota SPC KBB kepada Bandung Ekspres, belum lama ini.

Robby menambahkan, karena lelah untuk mengikuti komunitas Serama, pada akhirnya dirinya mendirikan SPC KBB.

SPC KBB berkeinginan merangkul pemula yang kurang paham beternak Serama. Saat beternak Serama, banyak sekali yang salah dalam pemeliharaannya. Padahal beternak Serama itu sangat mudah.

Pada saat peresmian komunitas ini, hal yang dilakukan adalah pembagikan ilmu tentang Serama. Sehingga pengetahuan di masing-masing anggota rata. Tidak ada yang salah langkah lagi dalam pemeliharaan Serama.

”Minimnya pengetahuan tentang Serama di masyarakat KBB mengakibatkan Serama tidak populer,” Ujar Robby.

Dia menambahkan, sehingga SPC KBB bekerjasama dengan Pemkot Cimahi. Setiap akhir pekan, SPC KBB selalu berkumpul memperkenalkan kepada warga tentang Serama.

Serama sendiri adalah ayam kate asal Malaysia. Harga satu bulanan Serama mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 Juta.

Robby mengaku, dirinya membeli Serama dengan harga Rp 2,5 juta. Harga akan naik jika Serama yang dipelihara selalu memenangi lomba.

Sebagai agenda rutinan, SPC KBB melakukan arisan Serama. Hal ini dianggap sebagai forum silaturahim anggota SPC KBB. Arisan yang dilakukan iniakan memenangi uang seharga Rp 20 Juta. Arisan ini dilakukan untuk membeli indukan Serama yang baik.

Bukan hanya itu, pada 8 Februari 2015 lalu, SPC KBB banyak memenangi berbagai gelar juara di tingkat nasional. Ada enam gelar yang disabet. Sementara Serama milik Robby menempati juara 9 Nasional dengan nama Top Lady.

Tinggalkan Balasan