Beralih ke 4G LTE, XL Modernisasi Jaringan

PT XL Axiata Tbk. Central Region melakukan moderenisasi jaringan area Jabar sebagai bentuk komitmen guna meningkatkan volume trafik dan tuntutan kualitas layanan dari 3G menjadi 4G LTE. ”Pihak kami dalam meningkatkan kualitas jaringan memoderenisasi area Jabar dilakukan untuk menambah kapasitas sehingga mampu meningkatkan kualitas semua jenis layanan, baik voice, SMS dan layanan data,” papar Vice President XL Central Regional Jabar, Bambang Parikesit, dikantornya, belum lama ini.

Menurutnya, modernisasi jaringan ini kami lakukan mengingat kebutuhan pelanggan, atas layanan XL yang terus meningkat untuk semua jenis layanan. Proses serupa sudah XL lakukan disebagian area lain, baik di Jawa maupun pulau lain.

Selain itu, kata dia, moderinasi ini sekaligus sebagai langkah antisipasi perusahaan, agar terus meningkatnya akses pelanggan pada layanan data. Pelanggan dinilai terus akan membutuhkan kecepatan kualitas layanan maupun sinyal yang stabil.

”Proses moderenisasi ini akan dimulai di Kota Bandung dan berlanjut pada seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Bandung. Moderinasi ini sudah berlangsung mulai pada 6 Februari 2015 yang lalu dan diprediksi hingga akhir Maret 2015 mendatang,“ ujarnya.

Dia menambahkan, secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi Radio Base Station (RBS) 2G eksisting lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

Pada masa moderenisasi jaringan juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ’Single RAN’ sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam pengoperasiannya.

Tercatat bahwa saat ini jumlah pelanggan XL di area Bandung sudah lebih dari 2,5 juta yang ditopang oleh lebih dari 2.000 base transceiver station (BTS) 2G/3G . Jangkauan pelayanan XL juga sudah menjangkau seluruh area Bandung hingga kecamatan.

Di menuturkan bahwa ke depan XL akan memperluas jaringannya untuk melayani lebih banyak lagi dalam kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Bandung. (mg8/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan