Batu Motif Baju Jokowi Juara

LEMBANG – Batu akik jenis Picture Agate Chalcedony (motif baju Jokowi) asal Kabupaten Bandung Barat berhasil menjuarai kontes batu akik seri Grand Prix II Indonesia Gemstone katagori juara gambar (motif batu) yang digelar di Kota Bandung pada 10-11 Oktober 2015 lalu. Keberhasilan Kabupaten Bandung Barat dalam mengikuti kontes ini, tiada lain lantaran menampilkan motif unik yang mampu menarik para peminat batu akik dan juga penilaian para juri.

Batu Motif Baju Jokowi
HENDRIK KAPARYADI
JUARA: Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya (tengah) didampingi jajaran pengurus Asosiasi Batu Bandung Barat (AB3) saat menunjukan sejumlah piala kemenangan di Lembang kemarin.

Motif baju kotak-kotak yang dipakai Jokowi pada masa kampanye lalu, menjadi keunikan tersendiri dalam memenangkan juara gambar ini. Tak heran, berkat motif tersebut, Kabupaten Bandung Barat membawa piala kemenangan sebagai juara I kategori juara gambar tingkat Nasional.

Pembina Asosiasi Batu Bandung Barat (AB3) Maman S Sunjaya mengatakan, kemenangan ini merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Dari berbagai macam batu akik yang ditampilkan pada kontes tersebut, ternyata salah satu Batu Bandung Barat mampu mengalahkan batu-batu akik lainnya. ”Kita memiliki Batu Bandung Barat ini dengan motif baju kotak-kotak berwarna merah putih. Ini yang menjadi nilai lebih dan tidak dimiliki kota/kabupaten lainnya,” kata Maman yang juga menjabat sebagai Sekda Kabupaten Bandung Barat kepada wartawan di Lembang, kemarin.

Menurut Maman, keberhasilan ini tentunya membawa nama baik Kabupaten Bandung Barat yang memiliki ciri khas Batu Bandung Barat dengan motif unik.

Menurut Maman, disaat batu akik, saat ini tengah meredup, pihaknya ingin mengangkat dan meramaikan kembali dengan mengikuti berbagai macam perlombaan batu akik. ”Selain mengikuti perlombaan, kita juga memberikan keterampilan kepada para pengrajin di bawah pembinaan AB3,” ungkapnya.

Maman menambahkan, dengan meramaikan kembali batu akik di Kabupaten Bandung Barat, secara tidak langsung kembali membantu mengangkat perekonomian bagi para pengrajin batu akik. Pasalnya, pengrajin batu akit dapat menghasilkan ekonomi yang luar biasa dari hasil penjualan batu tersebut. ”Kita ingin mengangkat perekonomian jauh lebih baik. Salah satunya dengan meramaikan kembali pelaku dan pengrajin batu akik,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan