Batu Asal Aceh Paling Diminati

Gemstone Festival Hari ke-3 Kembali Ramai

CIBEUNYING KALER – Pesona batu akik dalam Gemstone Festival belum pudar. Meski sehari sebelumnya sempat sepi, kemarin (26/2) pengunjung kembali membanjiri acara tersebut. Bahkan, beberapa pedagang mengaku, kecipratan rezeki nomplok.

Salah satu daya tarik yang kini diminati penggemar batu itu rupanya beralih ke batu yang berasal dari Aceh.’’Paling laku bio solar,’’ ujar Frenky, salah seorang pedagang kepada Bandung Ekspres, kemarin (26/2).

Sayang Franky tidak terlalu terbuka mengenai harga. Hanya saja, kata dia, pesanan untuk Bio Solar ini memang terbilang cukup tinggi.

Nah, selain untuk kategori ‘mahal’, batu yang paling menarik bagi penduduk adalah batu Panca Warna asal Garut. Didin, peserta asal Garut mengaku hingga kemarin dirinya telah menjual beberapa batu Panca Warna dengan harga bersaing. ’’Paling mahal ada yang beli Rp 16 juta,’’ ucapnya.

Bukan hanya penjual batu, para penjual makanan yang berada di stand khusus yang disediakan panitia pun ramai. Seorang pedagang soto Kudus mengatakan bahwa dagangannya tidak pernah sepi pengunjung. ’’Lumayan, hari ini (kemarin, Red) ya gini terus (ramai),’’ kata Didin.

Namun, tidak semua pedagang batu mengalami peningkatan penjualan. Pedagang bernama Wen mengaku, jika dibandingkan hari pertama dan kedua, kemarin paling sepi. ‘‘Hari ini lebih parah, ini aja belum ada yang keluar,‘‘. Hal tersebut diamini Ruca, penjual batu asal Bekasi mengatakan hal yang sama. ‘‘Yang liat – liat banyak,‘‘ tambahnya.

Mengenai masalah keamanan, Ega selaku kepala keamanan acara mengakui masih banyak terjadi kehilangan. ”Jam segini sudah ada empat laporan, kemarin enam, ” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut dia menganjurkan para pengunjung untuk lebih berhati – hati terhadap barang bawaan. ”Hati – hati saja, kita tidak bisa memantau semuanya, ” katanya.

Di lokasi MC juga selalu mengingatkan pengunjung untuk meningkatkan kewaspadaannya. Menanggapi datangnya akhir pekan, ega mengatakan akan menambahkan personel keamanan guna meningkatkan kenyamanan pengunjung. ”Nanti banyak tamu dari luar kota, akan kita tambah personelnya terutama Jumat, Sabtu, dan Minggu, ” tambahnya. (mg7/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan