Batu Akik Oncom Jadi Primadona

PADALARANG – Bupati Kabupaten Bandung Barat Abubakar meminta Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menggunakan batu akik Pancawarna. Batu akik yang kerap disebut batu oncom itu merupakan batu khas dari Gunung Halu, Bandung Barat.

Batu akik Oncom
DOKUMEN BANDUNG EKSPRES

KEBANGGAAN: Bupati Bandung Barat Abubakar menunjukkan batu akik oncom yang dipakainya.

”PNS juga harus ikut serta dalam mempromosikan batu akik asli Bandung Barat ini,” ujar Abubakar usai menghadiri pameran batu akik oncom di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, belum lama ini.

Menurut Abubakar, batu akik oncom ini tidak kalah indahnya dengan batu akik pancawarna dari Garut. Diakui Garut selama ini terkenal dengan keindahan batu akiknya. Namun, kelebihan batu akik oncom ini, kata dia, terletak pada varian warna yang dimilikinya. Ada berbagai warna pada batu oncom, yakni merah, kuning, biru, hijau dan hitam serta yang lain.

Abubakar berharap, batu akik khas Bandung Barat tersebut dapat dikenal di masyarakat pecinta batu akik. Selain itu, menurut dia, batu tersebut juga berpotensi menjadi primadona yang baru di dunia gemstone Indonesia. ”Batu ini memang punya keindahan dan ciri khas, ini sangat menjual bagi kita,” kata dia.

Menurut dia, ada daerah di Kabupaten Bandung Barat yang mempunyai berbagai jenis batu yang indah. Di antaranya, Cililin, Gunung Halu, Sindangkerta dan Cipatat. ”Semua kecamatan di Bandung Barat memang punya potensi bahan bongkahan bakal batu akik yang bisa diberdayakan dan punya nilai jual,” ujar dia.

Abubakar melanjutkan, selain wajib dipakai oleh jajaran PNS, pihaknya juga berencana akan mengkhususkan batu akik oncom ini dijadikan salah satu cenderamata jika ada tamu dari luar kota yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung Barat. ”Pulangnya kita berikan sebuah cenderamata berupa batu akik oncom,” ujarnya.

Saat ini, lanjut orang nomor satu di Bandung Barat, warga Bandung Barat khususnya para pengrajin batu akik, sudah mengetahui keunggulan dari batu akik oncom khas KBB tersebut. Batu akik oncom pun sudah mulai diperkenalkan warga Bandung Barat ke daerah lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan