Selesaikan Dulu Pendidikan!

[tie_list type=”minus”]Banyak Remaja Hamil Duluan[/tie_list]

BALEENDAH – Ratusan Pelajar dan Masyarakat mengikuti sosialisasi Generasi Berencana (GenRe) melalui seni budaya, di Gedung Warakauri Seroja, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/10) Malam.
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi mengatakan, digelarnya acara tersebut supaya para pelajar di seluruh Indonesia untuk tidak menikah di usia muda. Targetnya generasi muda lebih dulu menyelesaikan pendidikannya hingga tuntas.
”Jangan nikah muda, sukseskan program pendewasaan usia perkawinan. Selesaikan pendidikan setinggi mungkin,” kata Dede.
Dede menjelaskan, pernikahaan ideal perempuan minimal 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. Dengan program GenRe, diharapkan bisa menjauhkan remaja dari berbagai problematika seperti narkoba, seks bebas dan hamil di luar nikah. ”Sehingga jauh dari HIV/AIDS,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat Sugilar mengungkapkan, jumlah penduduk Jawa Barat ini sudah menginjak di angka 46 juta jiwa. Angka tersebut menobatkan penduduk sebagai penduduk terbesar dibandingkan provinsi lainnya.
”Kaitan dengan pelaksanaan program KB yang saat ini dilaksanakan, supaya pasangan usia subur di Jawa Barat memperhatikan tentang kegunaannya ber-KB,” ucapnya.
Dia mengatakan, kurang dari 9 juta pasangan usia subur. Sementara peserta KB nya kurang lebih 7 juta jiwa. Sehingga kesertaan ber KB di Jawa Barat cukup tinggi hampir menginjak 72 persennya, namun dalam kenyataannya pelaksanaan 9 juta pasangan usia subur, 7 juta peserta KB dan 5 juta diantaranya peserta KB Pil dan suntikan. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan